Stafsus Erick Thohir: Lansia Sangat Antusias Ikut Vaksinasi COVID-19
Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sentra vaksinasi bersama BUMN kini sudah dapat melayani vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia atau lansia non-KTP DKI Jakarta. Seperti diketahui, fasilitas ini tadinya hanya melayani lansia dengan KTP ibu kota.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan sentra vaksinasi itu sangat diminati oleh lansia di ibu kota maupun di luar domisili Jakarta. Dia mengklaim hal ini disebabkan pelayanan yang diberikan nyaman dan membuat banyak warga usia lanjut yang ingin divaksin.

"Karena antusias yang begitu besar di lapangan, kemarin juga Kemenkes sudah memutuskan untuk memberikan ruang kepada lansia yang di luar Jakarta yaitu Jabodetabek untuk bisa divaksin juga," katanya dalam diskusi virtual, Selasa, 16 Maret.

Arya mengatakan lansia merupakan target vaksinasi pemerintah selain pelayanan publik. Sebab, kelompok lansia ini tidak diorganisir. Sehingga, harus datang sendiri-sendiri. Karena itu, pemerintah membuka sentra vaksinasi supaya mereka bisa divaksin secara terorganisir.

"Ini karena antusias yang sebesar dari lansia kemungkinan dalam berapa hari kita akan buka di Tennis Indoor. Nanti kami pisahkan antara vaksinasi untuk pelayanan publik dan lansia yang tadinya terpisah jalur sekarang terpisah gedung," ucapnya.

Cara untuk mendaftar

Bekerja sama dengan Loket.com sebagai mitra pendaftaran, mulai hari ini para lansia yang memiliki KTP Non DKI Jakarta bisa mendaftarkan diri melalui sistem online. Sehingga proses vaksinasi bisa dipantau secara efektif dan efisien.

Adapun caranya dengan mengunjungi tautan https://loket.com/event/vaksinasicovid19untuklansia. Kemudian bisa segera mendaftarkan diri.

Arya mengatakan dengan pendaftaran online ini diharapkan penumpukan dan kerumunan di lokasi Sentra Vaksinasi Bersama BUMN bisa dikurangi dengan drastis.

Lebih lanjut, Arya berujar pendaftaran khusus lansia melalui Loket.com yang memberlakukan sistem sekali pendaftaran untuk mendapatkan satu tiket. Setelah mengisi formulir secara online, pendaftar akan mendapat e-voucher yang memberi informasi mengenai jadwal dan jam vaksinasi yang harus dipatuhi.

"Para lansia wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area Sentra Vaksinasi Bersama BUMN dan wajib hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ada di e-voucher. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani," ucapnya.

Ketua Satgas Sentra Vaksinasi BUMN ini program vaksinasi di Sentra Vaksinasi Bersama dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, serta berlangsung hingga bulan Mei mendatang.