Bagikan:

JAKARTA - Holding BUMN sektor pariwisata, InJourney mengajak masyarakat untuk turut memeriahkan puncak perayaan Waisak 2568 BE dan pelepasan lampion di Candi Borobudur pada 23 Mei 2024.

Masyarakat juga bisa mengikuti rangkaian acara Waisak, mulai dari meditation walk hingga pasar medang di sekitar Candi Borobudur, yang akan diselenggarakan pada 24–26 Mei 2024.

“Rangkaian acara Waisak 2024 di Candi Borobudur terbuka untuk masyarakat. Kami berharap masyarakat mendapatkan pengalaman spiritual yang mengesankan dengan menyaksikan perayaan Waisak 2024 di Candi Borobudur,” kata Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono dalam siaran persnya, dikutip dari Antara, Sabtu 18 Mei.

Perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2568 BE/2024 akan dipusatkan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Pada tahun ini, detik-detik Waisak akan jatuh pada Kamis, 23 Mei 2024 pukul 20.52 WIB.

Acara puncak Waisak dibuka dengan acara Kirab Waisak dari Candi Mendut ke Candi Borobudur, peringatan detik-detik Waisak, pradaksina Candi Borobudur, dan pelepasan lampion.

Untuk mengikuti rangkaian perayaan Waisak 2024, masyarakat hanya perlu membeli tiket masuk ke Candi Borobudur, dan harus mengikuti ketentuan yang berlaku.

Masyarakat yang ingin menghadiri prosesi puncak Waisak pada Kamis, 23 Mei 2024, harus mematuhi peraturan, di antaranya tidak membawa makanan dan minuman dari luar ke area pelepasan lampion, tidak merokok, menerbangkan drone tanpa izin, serta mengambil foto terlalu dekat dan tanpa izin ke arah Bhikkhu yang sedang beribadah.

Masyarakat yang hadir diminta untuk menggunakan pakaian yang sopan dan berwarna putih dan menjaga ketenangan selama prosesi Waisak berlangsung.

Pada puncak perayaan Waisak di Borobudur, Taman Wisata Candi Borobudur juga melakukan penyesuaian kunjungan wisatawan. Wisatawan reguler yang datang pada hari tersebut akan tetap dilayani sejak pukul 06.30 WIB.

Wisatawan juga tetap bisa melakukan kunjungan naik struktur Candi Borobudur yang dibuka sampai sesi 4 atau sampai pukul 11.30 WIB saja.

Sementara pembatasan batas waktu kunjungan naik struktur Candi Borobudur pada pukul 13.00 WIB, dan pembatasan akses kunjungan reguler di pelataran Candi Borobudur dilakukan mulai pukul 12.30 WIB.

Pintu masuk untuk masyarakat yang ingin mengikuti puncak Waisak 2024 tetap melalui pintu 1 atau pintu masuk wisatawan. Sementara akses keluar diarahkan menuju pintu 6 TWC Borobudur.

Pelayanan penukaran tiket peserta lampion dilakukan pada pukul 10.00–17.00 WIB. Lokasi penukaran tiket ini dilakukan di sisi barat pintu masuk wisatawan reguler.

InJourney berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Magelang, Korlantas Polres Magelang dan masyarakat juga akan menyediakan lahan parkir sementara di sekitar destinasi bagi umat maupun masyarakat umum yang ingin mengikuti puncak acara Waisak.

Lokasi utama parkir kendaraan diarahkan ke empat area, yaitu di Dusun Janan, Dusun Ngaran, Svargabumi, dan lapangan Muhammadiyah Borobudur dengan perkiraan dapat menampung hampir 1.000 kendaraan roda dua, roda empat, dan roda enam.