Puncak Perayaan Waisak 2023 Berlangsung Hari Ini, InJourney Pastikan Berjalan Lancar
Ilustrasi. Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhist Era (BE) di Candi Borobudur hari ini. (dok. Humas InJourney)

Bagikan:

MAGELANG - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney dan anak usahanya, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) memastikan kelancaran perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhist Era (BE) atau 2023 di Candi Borobudur hari ini.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono mengatakan pihaknya juga telah menyiapkan skenario penyesuaian operasional. Dimana, pelataran candi Borobudur dibatasi hanya untuk umat Buddha yang beribadah.

“Kami telah menyiapkan skenario terbaik agar umat Buddha yang beribadah bisa khusyuk dan masyarakat bisa menikmati wisata di Candi Borobudur tanpa mengganggu umat yang beribadah. Jadi, semua lancar dan seimbang,” katanya di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu, 3 Juni.

Maya mengatakan puncak perayaan Waisak bersama umat Buddha yang berasal dari seluruh dunia akan dilakukan pada pukul 10.41.19 WIB di Candi Borobudur.

“Untuk tanggal 4 Juni wisatawan tidak bisa naik ke pelataran Candi Borobudur, untuk menghormati upacara Waisak namun nanti wisatawan bisa berada di sekeliling taman candi,” tuturnya.

Maya melanjutkan, tahun ini wisatawan bisa menyaksikan rangkaian kegiatan Waisak 2023 di Candi Borobudur yang lebih beragam dari tahun sebelumnya dengan mengangkat Heritage in Harmony sebagai pesan kunci. Nilai-nilai Candi Borobudur digaungkan sebagai warisan budaya bangsa yang mengajarkan tentang toleransi dan gotong-royong.

“Side Event Waisak yang bertajuk ‘Festival Purnama’ 2023, merupakan salah satu aktualisasi dari program Heritage in Harmony tersebut,” tuturnya.

Sebagai Holding Pariwisata dan Pendukungnya, InJourney memastikan keseluruhan rangkaian acara berlangsung aman, nyaman dan kondusif dengan menerapkan regulasi dan Standar Operasional Prosedur (SOP) keamanan yang baik.

Kata Maya, InJourney dan TWC, telah menetapkan regulasi yang berlaku pada perayaan Waisak, hari Minggu, 4 Juni 2023.

“TWC berkoordinasi dengan Museum & Cagar Budaya Kemendikbudristek, melakukan penutupan kunjungan di area pelataran/halaman candi hingga naik monumen Candi Borobudur untuk wisatawan. Wisatawan hanya dapat berkunjung di area zona 2 kompleks Taman Wisata Candi Borobudur,” tuturnya.

Maya juga mengatakan bagi masyarakat yang berkeinginan turut merayakan euforia malam Pelepasan Lampion Lampion Waisak 2023 dapat membeli tiket masuk destinasi Taman Wisata Candi Borobudur secara on the spot melalui Maingate Borobudur.

Adapun HTM Kunjungan Wisata Lampion menonton tanpa menerbangkan Lampion yang berlaku bagi Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Nusantara yaitu Rp50.000,- dengan jam operasional pukul 17.00-20.00 WIB.

Terkait area parkir, Maya mengatakan untuk pengunjung yang menggunakan mobil dapat memasuki area Taman Wisata Candi Borobudur melalui Pintu Utama (Pintu 1) kemudian parkir di area yang telah disediakan.

Sedangkan bagi pengunjung yang menggunakan bus dapat masuk melalui Pintu 4. PT TWC menyiapkan area parkir eksisting di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

“Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat event Pelepasan Lampion, PT TWC bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk menyediakan kantong-kantong parkir dengan memanfaatkan lahan masyarakat sekitar, termasuk bagi pengendara sepeda motor,” ucapnya.

Berikut regulasi (Do and Don’t) yang berlaku saat event Pelepasan Lampion:

A. Hal-hal yang disarankan

● Mengenakan pakaian berwarna putih (Ageman Putih)

● Berpakaian sopan dan rapi

B. Hal-hal yang tidak diperbolehkan

● Membawa makanan dan minuman

● Membawa senjata tajam, minuman keras dan obat-obatan terlarang

● Membawa dan menerbangkan drone tanpa ijin