Bagikan:

JAKARTA - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan selenggarakan penyambutan dan pelepasan 40 bhikku untuk memulai perjalanan thudong menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Acara tersebut merupakan bagian rangkaian perayaan Waisak 2024.

Adapun thudong adalah perjalanan spiritual atau religi para bhikku yang dilakukan dengan berjalan kaki ribuan kilometer (km) untuk merenungkan sifat-sifat luhur Buddha.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan acara penyambutan dan pelepasan Bhikku ini terbuka untuk umum. Sehingga, masyarakat dapat hadir ke TMII pada Selasa, 14 Mei pukul 16.00 WIB.

“Hanya dengan membeli tiket masuk TMII, masyarakat dapat turut menjadi saksi penyambutan para Bhikku dan acara-acara menarik lainnya sebagai pendukung kegiatan,” ujar Maya dalam keterangan resmi, Senin, 13 Mei.

Maya bilang sebanyak 40 bhikku akan memulai perjalanan thudong dari Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menuju Taman Wisata Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah untuk merayakan Hari Tri Suci Waisak 2568 BE. InJourney berkolaborasi dengan seluruh stakeholders juga menyiapkan penyambutan dan pelepasan Bhikku kali ini.

“Acara penyambutan ini sebagai bentuk penghormatan dan dukungan InJourney Group kepada para Bhikkhu yang akan melakukan perjalanan ke Candi Borobudur dalam rangka ibadah menyambut Waisak 2024,” jelasnya.

“Kami berharap rangkaian acara dari TMII hingga nanti di Candi Borobudur dapat berjalan baik,lancar, dan para Bhikku akhirnya bisa menjalankan ibadahnya dengan penuh khidmat,” sambungnya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis InJourney Destination Management Hetty Herawati menjelaskan TMII sendiri dipilih karena merupakan simbol Kebhinekaan Indonesia.

Berdiri di atas lahan seluas 150 hektare di Jakarta Timur, kata Hetty, TMII menampilkan kebudayaan dari 33 provinsi di Indonesia dalam bentuk miniatur kepulauan Indonesia di Danau Archipelago.

“TMII mewakili beragam kebudayaan Indonesia menjadi satu harmoni yang indah. Kami berharap acara penyambutan Bhikkhu ini bisa semakin menyuarakan tentang indahnya hidup selaras di tengah-tengah keberagaman masyarakat Indonesia,” jelasnya.

“Sebagai bentuk komitmen, kami telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan acara dapat berlangsung dengan baik sesuai rencana, sehingga para Bhikkhu dan pengunjung mendapatkan pengalaman spiritual yang mengesankan melalui beragam prosesi acara dalam rangka Waisak 2024,” sambungnya.