Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan adanya rencana pembukaan rute penerbangan baru dari Thailand menuju Yogyakarta.

Pria yang akrab disapa Tiko ini mengatakan, rencana pembukaan rute ini bertujuan untuk memudahkan para biksu melakukan ibadah di Candi Borobudur, Magelang.

Seperti diketahui, Candi Borobudur merupakan lokasi yang menjadi pusat perayaan Hari Raya Waisak.

Tahun ini, Candi Borobudur kembali menyelenggarakan perayaan Waisak yang dihadiri puluhan bhikku dari Thailand, Malaysia dan Singapura.

Menurut Tiko, dengan adanya penerbangan langsung atau direct dari Tahiland menuju Yogyakarta, para umat Buddha yang mau beribadah ke Candi Borobudur bisa lebih mudah.

“Ke depan kita akan melakukan penerbangan langsung dari Thailand menuju Yogyakarta. Ini untuk mempermudah umat Buddha di Thailand dan di wilayah Asean untuk dapat beribadah di Borobudur dengan lebih mudah dan lancar,” tuturnya dalam penyambutan Bhikku Thudong, di TMII, Selasa, 14 Mei.

Di sisi lain, Tiko juga mengajak berbagai pihak untuk turut serta mendukung pengembangan kawasan Candi Borobudur. Adapun Borobudur sendiri saat ini dikelola oleh InJourney Group melalui PT Taman Wisata Candi (TWC).

“Kami juga mengajak berbagai kalangan, baik pemerintah dan swasta untuk menyambut baik serta dapat berkolaborasi dalam pengembangan berbagai fasilitas di Borobudur,” ucap Tiko.

Sekadar informasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan selenggarakan penyambutan dan pelepasan 40 Bhikku untuk memulai perjalanan thudong menuju Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Acara tersebut merupakan bagian rangkaian perayaan Waisak 2024.

Adapun thudong adalah perjalanan spiritual atau religi para bhikku yang dilakukan dengan berjalan kaki ribuan kilometer (km) untuk merenungkan sifat-sifat luhur Buddha.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan InJourney berkolaborasi dengan seluruh stakeholders untuk menyiapkan penyambutan dan pelepasan Bhikku kali ini.

“Acara penyambutan ini sebagai bentuk penghormatan dan dukungan InJourney Group kepada para Bhikkhu yang akan melakukan perjalanan ke Candi Borobudur dalam rangka ibadah menyambut Waisak 2024,” ujar Maya dalam keterangan resmi, Senin, 13 Mei.