Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengerahkan alat berat untuk membantu penanganan darurat bencana banjir lahar dingin yang terjadi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

Banjir terjadi akibat intensitas hujan tinggi di kawasan Gunung Merapi yang menyebabkan luapan 4 sungai di bagian hilir, yakni Sungai Batang Malana, Sungai Batang Bangkahan, Sungai Batang Bengkawas dan Sungai Batang Katiak, yang menyebabkan permukiman warga tergenang.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Keterpaduan Pembangunan Maulidya Indah Junica mengatakan, alat berat yang dikerahkan difokuskan untuk membersihkan material lumpur dan material vulkanik Gunung Marapi serta membuka jalan akses untuk mengalirkan bantuan dan logistik.

"Penanganan dan langkah-langkah antisipasi dilaksanakan seluruh unit organisasi Kementerian PUPR. Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V Ditjen Sumber Daya Air memobilisasi alat berat berupa 5 unit excavator standar PC 200 untuk pembersihan material lumpur dan material vulkanik Gunung Marapi. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat Ditjen Bina Marga memobilisasi alat berupa 8 unit excavator juga untuk membersihkan material banjiran," ujar Maulidya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 14 Mei.

Sementara untuk memenuhi kebutuhan air minum dan sanitasi bagi masyarakat terdampak, Satuan Tugas Tanggap Darurat Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Barat telah melakukan assessment kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Tim Tanggap Darurat Kementerian PUPR pun telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam dan Tanah Datar untuk melakukan monitoring kondisi terkini.

"Hasil monitoring Tim Tanggap Darurat BPPW Sumatera Barat mengantisipasi kebutuhan sarpras. BPPW Sumatera Barat masih melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar bilamana ada kebutuhan/permintaan sarpras," katanya.

Dia menambahkan, BWS Sumatera V juga telah berkoordinasi dengan BPJN Sumatera Barat untuk penanganan jalan di Lembah Anai yang mengalami longsor, sehingga lalu lintas terganggu, terutama jalur penghubung Kota Padang-Bukit Tinggi.

"Dari hasil koordinasi tersebut, BWS Sumatera V akan mendukung kebutuhan bronjong sekitar 1.000-1.500 unit dan 1 unit alat berat," tuturnya.

Selain itu, dari hasil monitoring kondisi jalan nasional di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar oleh BPJN Sumatera Barat juga didapati ruas Batas Kota Padang Panjang-Sicincin, tepatnya di KM 62+000-KM 67+600 amblas. Kerusakan juga terjadi pada Jembatan Margayasa A, Jembatan Margayasa B dan Jembatan Pincuran Batung.

"Kementerian PUPR telah memasang rambu peringatan genangan banjir dan membuat posko siaga tanggap bencana. Saat ini, masih dilakukan penanganan darurat terhadap jalan putus, amblas dan longsor," imbuhnya.