Bagikan:

SOLOK - Akses jalan provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi kembali dapat dilalui usai terjadinya peristiwa banjir bandang dan tanah longsor yang menimpa Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumbar.

Kepala Satuan (Kalaksa) BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi mengatakan berkat partisipasi masyarakat setempat akses jalan menuju Sumatera Barat (Sumbar) dan Jambi yang sempat tertutup akibat banjir sudah bisa dilalui kembali.

"Material banjir bandang sempat mengganggu akses jalan provinsi di ruas jalan Solok Selatan dan Alahan Panjang, tepatnya di jembatan Kayu Manang. Namun sekarang sudah bisa dilalui," ujar dia dilansir ANTARA, Kamis, 21 Desember.

Seluruh alat berat juga telah dikerahkan oleh bupati Solok untuk membantu masyarakat setempat dalam membersihkan material banjir bandang yang melanda daerah itu.

Musibah itu telah menyebabkan sejumlah rumah warga rusak berat, beberapa jembatan hancur serta menimbun areal pertanian masyarakat.

"Banjir bandang terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan meluapnya air Sungai Kayu Manang di Nagari Surian," ucap dia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh kejadian banjir bandang terjadi menjelang magrib pada Rabu (20/12).

"Laporan sementara yang saya peroleh ada rumah warga yang rusak serta sejumlah jembatan yang hancur. Saat ini yang sangat terdampak adalah lahan pertanian masyarakat. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar dia.

Sampai saat ini pihaknya belum bisa memberikan data yang pasti mengenai jumlah infrastruktur yang rusak akibat terdampak banjir bandang.