TOBA Catat 1.030 Unit Motor Produk Elektrum Telah Mengaspal di Jalan
Foto: (Maria Trisnawati/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mencatat hingga April 2024 terdapat 1.030 unit motor listriknya, Elektrum, yang mengaspal di jalan raya.

Asal tahu saja Elektrum merupakan perusahaan patungan motor listrik antara Emiten tambang PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) dengan GOTO.

"Updatenya sampai bulan April kita sudah punya 1.030 motor Elektrum ada di jalan," ujar SVP Corporate Strategy & Investor Relations TBS Nafi Sentausa dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 26 April.

Nafi menjelaskan jumlah tersebut merupakan akumulasi dari unit motor jenis H5 yang diluncurkan pada akhir tahun 2023. Adapun H5 ini merupakan hasil design milik Elektrum yang diproduksi di dalam negeri dengan material campuran yang berasal dari luar negeri.

Selain fokus pada kendaraan listrik, TOBA juga ikut mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik di dalam negeri dengan menargetkan pendirian 147 stasiun penukaran baterai kendaraan listrik (SPBKLU), sementara saat ini terdapat 108 lokasi SPBKLU.

"Kalau dari sisi target obviously kita berusaha meningkatkan dari angka yang tadi mudah-mudahan kita bisa menjangkau pasar yang lebih lebar, fokusnya di Jakarta dulu," beber dia.

Ditemui secara terpisah, Wakil Direktur Utama PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) Pandu Patria Sjahrir mengatakan untuk tahun ini pihaknya menggelontorkan setidaknya 5 hingga 7 juta dolar AS untuk mengembangkan bisnis EV dengan GoTo.

"Terus (kerja sama dengan GoTo). Tidak ada perubahan. Tahun ini dari ssi kitanya 5-7 juta dari TBS portion," ujar dia.

Dari sisi kontribusi EV kepada kinerja keuangan perusahaa, Pandu bilang masih sangat kecil.

Pandu juga enggan memberikan bocoran terkait besaran kontribsu EV terhadap kinerja keuangan perusahaan.

"Masih kecil karena dari sisi adopsi memang akan kecil dalam waktu 2-3 tahun ke depan. Dari sisi adopsi four-wheeler lebih bagus dari two-wheeler," pungkas Pandu.