Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) segera menyetujui pengajuan anggaran sebesar Rp15 triliun untuk Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Basuki awalnya mengatakan bahwa Inpres Nomor 3 Tahun 2023 telah sukses menangani 2.873 kilometer (km) jalan dan jembatan sepanjang 2,7 km dengan biaya Rp14,6 triliun.

Perbaikan jalan tersebut dinilai berguna untuk membuka akses dari keterisolasian dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, Basuki menyebut bahwa pihaknya mendorong agar Inpres Nomor 3 Tahun 2023 dilanjutkan pada 2024 ini.

"Inpres jalan daerah ini kami lanjutkan pada tahun ini, sekarang sedang dalam penelaahan dengan Kemenkeu untuk penyusunan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA). Total anggaran 2024 ini mudah-mudahan bisa kami alokasikan Rp15 triliun," ujar Basuki dalam Raker bersama Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Selasa, 2 April.

Dia berharap, agar total anggaran sebesar Rp15 triliun yang diajukan untuk tahun ini dapat dipenuhi. Sebab, ada 2.225 km jalan dan jembatan yang akan diperbaiki.

"Dari anggaran belanja tambahan 2024, target penanganan dan jembatan sepanjang 2.225 km. Sekarang sedang diproses penganggarannya di Kemenkeu," imbuhnya.

Adapun sepanjang 2023, Kementerian PUPR telah menyelesaikan 13 Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk memperkuat infrastruktur nasional.

Sebanyak 13 PSN yang selesai tersebut meliputi, enam (6) proyek bendungan, empat (4) proyek jalan tol, satu (1) proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), satu (1) proyek rumah susun (rusun) dan satu (1) unit proyek Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Keenam proyek bendungan yang sudah selesai meliputi Bendungan Lolak (Sulawesi Utara), Bendungan Tiu Suntuk (Nusa Tenggara Barat), Bendungan Karian (Banten), Bendungan Cipanas (Jawa Barat), Bendungan Sepaku Semoi (Kalimantan Timur) dan Bendungan Ameroro (Sulawesi Tenggara).

Kemudian, untuk proyek jalan tol yang telah selesai pada 2023 adalah Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Selanjutnya, ada proyek SPAM, rusun dan BSPS yang sudah rampung pengerjaannya, yakni SPAM Semarang Barat, Rusun Lanud Halim Perdana Kusuma serta BSPS untuk mendukung ASEAN Summit di Tana Mori dan Labuan Bajo.