Kepala Bapanas Mau Bahas Harga Gabah dengan Mentan dan Mendag, Bakal Turun?
Harga gabah (Foto: antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan akan mempersiapkan rapat pembahasan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah. Pemahasahan ini juga akan dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Pak Mentan tadi telepon, kita siapkan untuk menghitung HPP (gabah) bersama,” katanya dalam acara apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri 2024, dikutip dari YouTube Bapanas, Senin, 1 April.

Arief menargetkan pembahasan HPP gabah ini dapat rampung dalam satu pekan. Dia bilang Menteri Perdagangan yang menangani di tingkat hilir juga akan dilibatkan, termasuk serikat hingga asosiasi petani.

“Apabila bisa kita selesaikan dalam seminggu ini tentunya melibatkan asosiasi, stakeholder pangan, serikat petani, teman-teman petani dan Pak Mendag (Zulkifli Hasan),” ucapnya.

Pada kesempatan ini, Arief juga mengatakan bahwa ke depannya pangan Indonesia harus lebih maju.

“Ke depan itu pangan kita harus maju, harus jaya. Tentunya dimulai dengan saudara kita Menteri Pertanian,” jelasnya.

Di samping itu, Arief juga memastikan pasokan pangan menjelang Hari Raya Idulfitri 2024 dalam kondisi yang aman. Dia bilang masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan murah melalui gerakan pangan murah yang digelar di setiap daerah.

“Apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri 2024 ini tentunya tidak akan sukses berjalan baik apabila tidak dukung stakholder pangan,” jelasnya.