Mentan Amran ke Bulog: Tolong Beli Gabah Petani, Jangan Hanya Beras
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. (Foto: Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meminta agar Perum Bulog membeli gabah hasil panen petani, sehingga tidak hanya beras yang terserap oleh Bulog.

“Tolong Bulog kalau bisa itu Bulog beli gabah petani, karena petani hanya jual gabah. Boleh beli beras, tapi beli juga gabah dari petani,” katanya dalam acara apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri 2024, dikutip dari YouTube Bapanas, Senin, 1 April.

Lebih lanjut, Arman menjelaskan, jika pemerintah dalam hal ini Perum Bulog ikut serta menyerap gabah petani, maka harga gabah di tingkat petani tidak akan jatuh.

“Supaya pemerintah ketemunya juga dengan petani karena kami dapat informasi mereka sudah mulai teriak karena harga gabah sudah turun,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan akan mempersiapkan rapat pembahasan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah. Pemahasahan ini juga akan dihadiri Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

“Pak Mentan tadi telepon, kita siapkan untuk menghitung HPP (gabah) bersama,” katanya dalam acara apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idulfitri 2024, dikutip dari YouTube Bapanas, Senin, 1 April.

Arief menargetkan pembahasan HPP gabah ini dapat rampung dalam satu pekan. Dia bilang Menteri Perdagangan yang menangani di tingkat hilir juga akan dilibatkan, termasuk serikat hingga asosiasi petani.

“Apabila bisa kita selesaikan dalam seminggu ini tentunya melibatkan asosiasi, stakeholder pangan, serikat petani, teman-teman petani dan Pak Mendag (Zulkifli Hasan),” ucapnya.