Bansos dan BLT, Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp28,8 Triliun
Beras (foto: dok Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp28,8 triliun untuk bantuan kepada masyarakat yang terdiri dari bantuan sosial (bansos) beras, daging ayam, dan telur untuk periode Januari hingga Juni 2024 sebesar Rp17,5 triliun dan bantuan langsung tunai (BLT) mitigasi risiko pangan senilai Rp11,3 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata menyampaikan bantuan tersebut akan diberikan untuk masyarakat penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang mencapai 18,8 juta keluarga. Kemudian, keluarga yang memiliki balita stunting akan mendapatkan tambahan bantuan berupa daging ayam dan telur.

“Sekali lagi bansos beras, daging ayam dan telur dari Januari hingga Juni 2024, itu anggarannya Rp17,5 triliun,” ujarnya dalam konferensi pers APBN KITA, Kamis 22 Februari.

Isa menambahkan terkait kelanjutan bantuan sosial kedepannya m ini akan dilakukan review setelah tiga bulan pertama baru pemerintah akan memutuskan ke depannya.

"Nanti setelah 3 bulan kita akan melakukan review dan akan bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas," ujarnya.

Isa menambahkan selain bansos pangan, pemerintah juga telah menyiapkan anggaran untuk bantuan langsung tunai (BLT) mitigasi risiko pangan pad tiga bulan pertama 2024 senilai Rp11,3 triliun yang merupakan kelanjutan dari BLT El Nino.

“Untuk bantuan langsung tunai anggaran mencapai Rp11,3 triliun ini seluruhnya sudah disiapkan dari cadangan belanja bansos yang memang sudah disiapkan setiap tahun-tahun anggaran,” jelasnya.