Bagikan:

JAKARTA - Ritel modern Alfamart dan Alfamidi kini membatasi pembelian beras premium. Dimana pembeli hanya diperbolehkan untuk membeli sebanyak dua karung ukuran 5 kilogram (5kg). Bahkan ada juga yang hanya satu karung.

Direktur License and Corporate Affair PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin membenarkan bahwa pihaknya membatasi pembelian beras premium di toko-tokonya. Alasan pembatasan, kata Solihin, karena stok yang ada di gudang perusahaan menipis.

“Betul dibatasi. Bisa beli dua masih bagus, harusnya cuma bisa beli satu. Karena stoknya menipis,” ujarnya dihubungi VOI, di Jakarta, Senin, 12 Februari.

Solihin juga bilang supply atau pasokan dari produsen juga sangat sedikit. Karena itu, pihaknya menerapkan aturan pembatasan pembelian beras premium.

“Supply dari supplier-nya juga menipis barangnya. Kalau tidak (dibatasi) tidak kebagian, nanti diborong orang barangnya,” tuturnya.

Solihin juga bilang kalau harga yang didapat makin lama makin meningkat. Bahkan, dia mengaku untung dari produk tersebut sangat tipis.

Meski begitu, Solihin mengatakan supply beras premium yang didapat dari supplier ini harus dibagi ke toko-toko agar produk tersebut tetap ada meskipun stoknya tidak banyak.

“Harga beli dari supplier kita makin lama makin naik. Jadi di sini kita juga taat terhadap peraturan pemerintah yang mengharuskan kita peretail menjual harga sesuai HET yaitu Rp69.500 per 5kg untuk beras premium. Sedangkan harga belinya mendekati harga jual kita,” jelasnya.