Anak Buah Luhut Tepis Isu Rencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Waktu Dekat
Ilustrasi kendaraan (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi buka suara soal pemerintah berniat menaikkan pajak kendaraan bermotor dalam waktu dekat.

"Pak Menko kemarin bukan berbicara soal menaikkan pajak sepeda motor dalam waktu dekat. Itu adalah wacana dalam rangkaian upaya perbaikan kualitas udara di Jabodetabek yang juga sudah sempat dibahas dalam Rapat Koordinasi lintas K/L beberapa hari lalu," ujarnya dalam keterangan yang diterima VOI, Jumat, 19 Januari.

Dijelaskan Jodi, usulan pajak kendaraan bermotor tersebut muncul dalam rakor sebagai upaya memberikan faktor pendorong untuk mempersulit penggunaan kendaraan pribadi dan membuat masyarakat terdorong menggunakan angkutan umum.

Dalam rakor tersebut juga turut dibahas mengenai insentif, seperti diskon tarif bagi pengguna angkutan umum.

"Jadi itulah yang dimaksud oleh Pak Menko. Tidak ada rencana untuk menaikkan pajak terkait kendaraan bermotor dalam waktu dekat," tegas Jodi.

Ia juga menegaskan jika semua ini hanyalah wacana yang masih harus dikaji lebih lanjut terutama mengenai keuntungan dan kerugian yang akan timbul dari diberlakukannya aturan tersebut.

"Pemerintah tentu akan berhati hati dalam menerapkan pajak baru dan memastikan bahwa dampaknya tidak memberatkan masyarakat," pungkas Jodi.