Bagikan:

JAKARTA - Anggota Badan Pengatur Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas)Saleh Andurrahman menyarankan masyarakat untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) kendaraannya sebelum melakukan perjalanan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Bagi masyarakat yang akan bepergian tentu lebih bagus mengisi tangki mobilnya secukup mungkin sehingga bisa mengurangi potensi antrean di-rest area," ujar Saleh dalam Energy Corner, Selasa, 19 Desember.

Tidak hanya BBM, Saleh meminta pemudik untuk mengecek kondisi kendaraannya.

"Bagus kalau mengisi penuh (BBM) kalau mau jalan. Misalnya ke Bali atau Jogja diisi di Jakarta penuh dan bisa lebih santai ketika dalam perjalanan," imbuh Saleh.

Sementara untuk momen libur Natal dan Tahun Baru, BPH Migas dan Pertamina menyiagakan 114 Terminal BBM, lebih dari 7.400 SPBU, dan 71 DPPU, serta menyiagakan fasilitas tambahan di wilayah-wilayah dengan demand tinggi.

Sedangkan untuk pasokan elpiji disiagakan 23 Terminal, 667 SP(P)BE dan 4.972 agen elpiji.

Kondisi stok elpiji dipertahankan tetap stabil selama periode Natal dan Tahun Baru, serta menyiapkan agen dan pangkalan elpiji siaga 24 jam khusus wilayah yang diperkirakan memiliki permintaan tinggi.

Selanjutnya untuk jaringan gas (jargas), secara umum penyaluran gas dari 29 Wilayah Kerja yang terdiri dari 24 KKKS untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang diperkirakan mencapai 897 BBTUD selama periode Natal dan Tahun Baru kepada 3.019 pelanggan komersial dan industri, 1.967 pelanggan kecil, 834.165 pelanggan rumah tangga, serta pelanggan power termasuk PLN Group dengan mengoptimalkan jaringan dan infrastruktur gas bumi lebih dari 31.000 km, 13 SPBG dan 3 MRU yang dikelola oleh PGN, dengan kapasitas sebesar 177.750 LSP, handal dan aman.