Dihinggapi Sentimen Positif, IHSG Senin Berpotensi Menguat
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat ke level 7.200-7.250 pada perdagangan hari ini, Senin 18 Desember. Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, ada sentimen datang dari keputusan sejumlah bank sentral dunia, termasuk Bank Indonesia (BI) yang menggelar Rapat Dewan Gubernur pada 20-21 Desember 2023.

"Sejalan dengan Stochastic RSI, yang cenderung bergerak naik dan pembentukan sinyal golden cross pada MACD, membuka peluang rebound lanjutan IHSG ke kisaran 7.200-7.250," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Lebih lanjut, sentimen pekan ini masih berasal dari keputusan sejumlah bank sentral dunia yakni The Fed, ECB dan BoE yang akan kembali menahan suku bunga pada Desember 2023. Selain itu, BI akan mengadakan Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 20-21 Desember mendatang.

"Bank sentral diperkirakan masih akan menahan suku bunga acuan pada Desember, mengikut keputusan sejumlah bank sentral lainnya. Hal ini berpotensi mendorong nilai tukar rupiah untuk beberapa waktu ke depan," tulis Phintraco Sekuritas.

Dalam perkembangan lain, sejumlah data penting juga akan dirilis pada pekan ini. Kawasan Eropa pada 19 Desember dan Inggris pada 20 Desember akan merilis data inflasi bulan November 2023.

Adapun AS merilis data GDP Growth Rate QoQ Final pada 21 Desember. Pasar dapat memperhatikan saham-saham dengan peluang rebound dan rebound lanjutan seperti BBCA, BUMI, MDKA, KLBF, AUTO, BTPS, dan MNCN di pekan ini.