IHSG Senin Diprediksi Menguat Tipis, Simak Rekomendasi Saham dari Analis
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat tipis pada perdagangan hari ini, Senin 12 Juni, setelah akhir pekan lalu terkerek 0,42 persen atau 27,69 poin ke 6.694,02. Dalam sepekan, IHSG menguat 0,92 persen.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya mengatakan, pergerakan IHSG sepekan ini relatif menguat didorong oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia. World Bank merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2023 dari 4,8 persen secara tahunan menjadi 4,9 persen secara tahunan (YoY).

“Hal ini membangun ekspektasi positif akan pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 5 persen YoY di tahun 2023, terutama di sisi konsumsi rumah tangga, bisa dijaga,” jelas riset Phintraco Sekuritas.

Tren penurunan inflasi di Mei 2023 berada di 4 persen YoY, yaitu turun dari 4,33 persen YoY pada bulan April 2023.

“Akan tetapi, indeks manufaktur Indonesia juga turun ke 50,3 di Mei 2023 dari 52,7 di April 2023. Kondisi terakhir sejalan dengan perlambatan aktivitas manufaktur global,” paparnya.

Sentimen lain yang mempengaruhi pergerakan IHSG pekan ini berasal dari keputusan 6 bank BUMN China untuk memangkas deposit rates pada Kamis 8 Juni.

“Hal itu berpotensi mendorong bank sentral China untuk turut memangkas suku bunga acuan. Kebijakan ekspansif tersebut membangun ekspektasi pemulihan aktivitas ekonomi di China,” jelas riset Phintraco Sekuritas.

IHSG diproyeksi akan menguat tipis pada awal perdagangan Senin ini dengan target level terdekat adalah menguji resistance level 6.730. Salah satu sentimen positif berasal dari revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia dari 4,8 persen YoY menjadi 4,9 persen YoY di 2023 oleh World Bank.

Sementara dari eksternal, sentimen positif berasal dari potensi pemangkasan sukubunga acuan oleh The Fed pasca pemangkasan sukubunga deposito oleh bank BUMN besar di China pada pekan ini.

Selain itu, pasar juga mengantisipasi hasil FOMC The Fed pada Rabu 15 Juni yang diperkirakan kembali menaikan sukubunga acuan sebesar 25 bps.

IHSG akan bergerak di level resistance 6.730 dan support di 6.600, dengan pivot di 6.680. Adapun saham yang dapat dipertimbangkan pada Senin ini meliputi BMRI, BBRI, BBCA, GOTO, KLBF, WIFI, MTEL, dan TOWR.