Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki buka suara terkait rencana TikTok Shop untuk kembali beroperasi di Indonesia dengan menggandeng e-commerce lokal.

Teten menilai, keinginan besar TikTok Shop kembali beroperasi di Tanah Air tak terlepas dari jumlah konsumennya yang banyak disertai Indonesia masih menjadi tempat menarik bagi para investor.

"Ya, itu terserah mereka (mau beroperasi lagi). Intinya seperti keyakinan saya, bahwa Indonesia ini market digitalnya kan kuat, gede banget. Karena itu, saya yakin Indonesia tempat yang menarik untuk investor digital ekonomi," ujar Teten ditemui di Gedung Kemenkop UKM, Jakarta, Kamis, 23 November.

Teten menyebut, hal tersebut didukung pula dengan potensi digital ekonomi di Indonesia yang sangat besar dan kuat.

"Saya yakin TikTok pasti akan buka kembali, apakah dia buka sendiri atau dia investasi di salah satu e-commerce Indonesia," katanya.

Dia menambahkan, pihak TikTok telah menghubungi sejumlah perusahaan dan e-commerce di Indonesia, mulai dari Bukalapak, Tokopedia, dan CT Corp.

"Yang saya tahu ada tiga e-commerce sudah dihubungi TikTok. Saya tahu bukan dari TikTok-nya, tahunya dari mereka yang dihubungi. Ada Bukalapak, Tokopedia, yang saya dengar CT Corp juga dihubungi," ucap Teten.

Meski begitu, Teten mengaku tidak tahu soal progres dari penjajakan itu.

Sebab, hingga saat ini pihaknya belum juga bertemu dengan bos TikTok.

"Apakah (TikTok Shop) buka sendiri atau investasi di salah satu e-commerce di Indonesia, ya, itu urusan mereka, " imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) membocorkan, bahwa platform TikTok akan bergabung dengan e-commerce yang ada di Indonesia untuk mengoperasikan bisnis TikTok Shop.