Sebanyak 10 Investor Swasta Bakal Groundbreaking Desember 2023, Ini Kata OIKN
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menargetkan, ada 10 Investor swasta yang bakal groundbreaking pada Desember 2023 mendatang.

Hal ini sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk adanya peletakan batu pertama atau groundbreaking setiap bulannya.

"Kami punya target (groundbreaking) 10 proyek, tapi siapa-siapanya kami lagi identifikasi karena memang semua yang mengajukan akan kami cek dulu," kata Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan OIKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi usai ditemui dalam acara Konstruksi Indonesia 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 3 November.

Thomas mengatakan, sebanyak 10 proyek itu merupakan target yang dimiliki OIKN.

Namun, dia belum dapat menjelaskan lebih lanjut investor mana saja yang pembangunannya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

"Kami cek dulu bagaimana kapasitas perusahaan, keseriusannya seperti apa, ada tahapan-tahapan sampai perizinan. Saya akan lihat dulu dokumennya sesuai atau tidak, kalau tidak sesuai, mohon maaf kami akan drop untuk tidak masuk ke groundbreaking," ujarnya.

Dia menegaskan, pihaknya bakal mengutamakan proyek-proyek yang mendukung pelayanan dasar di IKN, seperti pendidikan, kesehatan, hingga telekomunikasi.

"Intinya, pelayanan dasar untuk membangun ekosistem perkotaan biar masyarakat ke sana bisa enjoy dan menikmati kota masa depan yang saya katakan tadi," pungkasnya.

Adapun groundbreaking investor swasta di IKN telah berlangsung dalam dua periode, yakni tahap 1 dan 2.

Groundbreaking tahap 1 berlangsung pada September lalu, sementara yang tahap 2 telah digelar mulai 1-3 November 2023. Dengan demikian, groundbreaking di bulan depan akan menjadi yang ke-3.