Bagikan:

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan bahwa riset mendorong terciptanya inovasi dan pengembangan berkelanjutan yang pada akhirnya akan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan penelitian dan pengembangan serta inovasi tidak hanya penting untuk mengatasi tantangan lingkungan hidup, namun juga merupakan alat penting untuk mencapai kesejahteraan ekonomi dan sosial.

“Kapabilitas riset yang dimiliki oleh Indonesia semakin membaik seiring dengan meningkatnya ekonomi. Untuk mengembangkan kapabilitas tersebut lebih lanjut maka dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak,” ujarnya pada Senin, 25 September.

Mahendra menjelaskan, atas dasar itu OJK menyelenggarakan International Research Forum 2023 pertama yang mempertemukan para peneliti dan akademisi dengan regulator maupun para pengampu kepentingan lainnya dalam sebuah forum ilmiah.

“Dengan mengangkat tajuk Save the Planet: The Role of Financial Sector to Support Carbon Reduction and Electric Vehicles Development, kami ingin memberikan landasan keprihatinan atas semakin meningkatnya risiko yang dihadapi manusia akibat perubahan iklim bumi,” tutur dia.

Mahendra menambahkan, otoritas terus menguatkan komitmen untuk mendorong sektor jasa keuangan untuk berkontribusi pada pengembangan keuangan berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Komisioner Sekretariat Dewan Komisioner dan Logistik, Imansyah, berpesan bahwa sektor keuangan juga harus berkontribusi dalam memitigasi perubahan iklim bumi.

“Kita bisa mendorong melalui kebijakan keuangan berkelanjutan dan pendanaan proyek-proyek yang memperhatikan aspek lingkungan jangka panjang,” tegas dia.

Dalam forum riset ini, juga tampil beberapa peneliti dan praktisi dari dalam dan luar negeri untuk memaparkan perkembangan terkini serta berdiskusi mengenai bursa karbon dan pengembangan ekosistem dan pembiayaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).