OJK Resmikan Kantor Perwakilan di Malang, Komitmen Perlindungan Konsumen jadi Prioritas
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (tengah) ketika meresmikan kantor perwakilan di Malang (Foto: Dok. OJK)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebutkan baru saja meresmikan Gedung Kantor OJK Malang yang disahkan langsung oleh Ketua Dewan Komisioner Wimboh Santoso hari ini.

Dalam sambutannya, Wimboh mengatakan bahwa kehadiran OJK melalui kantor perwakilan Malang semakin menegaskan komitmen pengawasan, perlindungan konsumen, dan juga peningkatan literasi keuangan di daerah.

“Kami ingin juga keberadaan kantor OJK bisa meningkatkan perekonomian daerah dengan mendorong sumber-sumber perekonomian baru termasuk pembiayaan ke sektor UMKM,” ujarnya pada Senin, 14 Maret.

Menurut Wimboh, peran kantor perwakilan ditarget memuluskan tiga rencana prioritas OJK di masa pandemi. Pertama, mengakselerasi aktivitas perekonomian. Kedua, meningkatkan intermediasi lembaga jasa keuangan. Serta yang ketiga memberikan perlindungan bagi konsumen.

"Khusus di Malang, kami bersinergi dengan para pemangku kepentingan lain untuk mendorong pertumbuhan positif industri keuangan agar memberikan dampak signifikan secara nasional,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Malang menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran OJK yang diharapkan bisa semakin terhindar dari produk keuangan ilegal.

“Peresmian Kantor OJK Malang ini dapat memperkuat literasi keuangan kepada masyarakat, meningkatkan kurasi atau mendukung keberadaan dan perkembangan UMKM, serta meningkatkan akses keuangan daerah,” katanya.

Senada, Anggota Komisi XI DPR Andreas Edi Susetyo mendorong otoritas dapat betul-betul memberikan perlindungan masyarakat di tengah arus digitalisasi yang membanjiri sektor industri keuangan.

“Begitu cepatnya perkembangan teknologi informasi yang menyebabkan disrupsi sektor keuangan, maka sebagaimana amanat undang-undang, OJK harus bisa meningkatkan perlindungan terhadap investor dan konsumen. Semoga dengan adanya gedung ini dapat menjadikan kehadiran dengan berbagai pihak sehingga manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat,” ucap dia.