IHSG Senin Kemarin Menguat, Bagaimana dengan Hari Ini?
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 38,61 poin atau 0,56 persen ke 6.963,39 di akhir perdagangan Senin 11 September.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, IHSG membentuk spinning bottom tepat di atas MA20 bersamaan dengan rebound Senin.

"Pergerakan tersebut terjadi pada oversold area di Stochastic RSI. Dengan demikian, IHSG menjaga peluang rebound lanjutan ke kisaran 6.980 di Selasa 12 September. IHSG akan bergerak dengan support 6.880 dan resistance 7.000," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Indikasi pemulihan konsumsi domestik di China menjadi salah satu katalis positif eksternal. Indikasi terbaru berasal dari kenaikan New Yuan Loans ke CNY 1,36 triliun di Agustus 2023 dari CNY 345,9 miliar di Juli 2023.

Pelonggaran kebijakan moneter dan fiskal mulai berdampak pada peningkatan jumlah uang beredar yang diharapkan diikuti dengan kenaikan konsumsi domestik.

"Data lain adalah pertumbuhan penjualan kendaraan di China sebesar 8,4 persen yoy di Agustus 2023," imbuh riset Phintraco Sekuritas.

Dari dalam negeri, pelaku pasar mengantisipasi data neraca perdagangan Agustus 2023. Penurunan nilai ekspor dan impor diperkirakan meningkat dibanding Juli 2023, meski ada indikasi pemulihan aktivitas ekonomi di China.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan Phintraco Sekuritas untuk hari ini, di antaranya PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk (MIKA), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN).