Irwan Hidayat Berbagi Cerita Rahasia Sukses Sido Muncul
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. (Foto: Instagram @irwansido)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Irwan Hidayat menjelaskan bahwa peran hubungan masyarakat (humas) dengan mutu suatu produk bersifat saling melengkapi dalam strategi pengembangan industri.

"Sido Muncul itu pabrik jamu. Tapi karena kombinasi dengan PR (public relation), sehingga hasilnya bagus," kata Irwan Hidayat, saat menjadi pembicara pada Konvensi Humas Indonesia 2023, di Semarang, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, dikutip dari Antara, Senin 11 September.

Menurut Irwan Hidayat, produk sebaik apa pun yang dihasilkan industri, tetapi tanpa didukung dengan langkah komunikasi yang baik untuk memasarkannya maka tidak akan berkembang dengan baik.

"Jadi, produk yang baik dikomunikasikan dengan baik, disempurnakan dengan PR yang baik. Ini saya terapkan sendiri di Sido Muncul. Produk ini harus baik. Ini salah satu keberhasilan 'marketing' dan PR," katanya pula.

Menjawab pertanyaan peserta, Irwan juga membocorkan tiga kiat suksesnya, yakni pertama adalah menjaga kualitas produk yang dibuat secara baik agar tidak mengecewakan konsumen.

Kedua, kata generasi ketiga pendiri Sido Muncul tersebut, produk yang dihasilkan harus dikomunikasikan dengan baik, benar, dan bijak. "(Produk) Yang baik kalau tidak dikomunikasikan dengan bijak hasilnya juga jelek," katanya lagi.

"Ketiga, kalau mau sukses ya orang harus mencintai tanah airnya," ujarnya pula.

Mengenai perkembangan teknologi yang kian canggih, Irwan menganggap bahwa teknologi hanyalah pendamping, tetapi yang utama dalam kesuksesan bisnis adalah niat, produk, dan komunikasi yang baik.

"Kalau produk baik, komunikasi bener, niatannya baik, mau teknologi apa aja sama aja. Teknologi itu cuma pendamping. Yang penting niat baik. Saya berbisnis itu pakai akal budi karena akal budi adalah rahmat Tuhan," katanya.