Ketahui Ragam Jenis Reklame untuk Promosi Beserta Pengertiannya
Ilustrasi jenis reklame untuk promosi (Foto: Pixabay/Wallula)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Reklame merupakan salah satu media periklanan yang digunakan untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa. Nah, Terdapat beberapa jenis reklame untuk promosi yang terpasang di tempat-tempat umum. Apa saja?

Sebelum mengetahui jenis-jenis reklame untuk promosi, Anda perlu mengetahui apa itu reklame.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), reklame didefinisikan sebagai pemberitahuan kepada umum tentang barangan dagangaan yang dikemas dengaan kata-kata dan gambar yang menarik supaya laku di pasaran.

Sedangkan menurut Encyclopedia Britannica, reklame atau advertisement adalah pengumuman untuk publik yang biasanya dalam bentuk cetak, video, ataupun audio.

Jenis Reklame Berdasarkan Tujuannya

Dikutip dari buku Tematik Terpadu 6A Tema 1 Selamatkan Mahluk Hidup oleh Elah Nurelah dan Supriyadi, berdasarkan tujuannya, jenis reklame dibedakan menjadi dua, yakni:

  • Reklame komersial: Ini adalah reklame yang dibuat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dari barang atau jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Jenis reklame ini banyak digunakan untuk kepentingan bisnis.
  • Reklame nonkomersial: Reklame yang satu ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi, penjelasan, pemberitahuan, imbauan, atau ajakan kepada masyarakat agar melakukan apa yang disampaikan.

Jenis Reklame untuk Promosi

Terdapat berbagai jenis reklame yang kerap digunakan sebagai media promosi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis reklame untuk promosi yang sering dijumpai di tempat-tempat umum:

  • Spanduk: Ini adalah media promosi yang terbuat dari kain atau plastik yang dipasang secara horizontal atau vertikal. Spanduk kerap dipakai untuk mempromosikan acara, produk, atau layanan di lokasi strategis seperti jalan raya, gedung, atau tempat-tempat publik lainnya.
  • Brosur: Ini adalah media periklanan berbentuk selembar kertas yang berukuran kecil dan berisi informasi singkat tentang suatu produk, acara, atau layanan. Brosur dimanfaatkan untuk mendistribusikan informasi kepada khalayak dengan cara didistribusikan langsung kepada orang-orang atau ditempatkan di tempat-tempat umum.
  • Poster: Poster merupakan gambar atau tulisan yang dicetak pada selembar kertas atau karton yang biasanya ditempel di dinding atau tempat-tempat publik. Media periklanan yang satu ini cukup efektif untuk mempromosikan acara, kampanye sosial, produk, atau layanan. Poster seringkali memiliki desain yang menarik untuk menarik perhatian pengamat.
  • Baliho: Ini adalah media promosi berupa papan iklan besar yang terbuat dari bahan khusus seperti kain atau vinyl yang dipasang di lokasi-lokasi strategis, seperti tepi jalan atau bangunan tinggi. Baliho termasuk reklame yang kerap digunakan untuk promosi berskala besar karena dapat menampilkan pesan yang jelas dengan ukuran yang besar.
  • Billboard: Jenis reklame untuk promosi yang satu ini mirip dengan baliho, amun ukurannya lebih besar dan terbuat dari bahan yang tahan lama seperti logam atau plastik. Biasanya, billboard menampilkan iklan dalam jangka waktu yang panjang, bahkan ada yang tidak menggantinya (karena dipasang khusus untuk mengiklankan perusahaan tertentu)
  • Video tron: Video tron adalah media periklanan digital yang dilengkapi dengan gerakan gambar. Biasanya reklame ini ditempatkan di berbagai titik strategis di kota besar untuk memajang produk.
  • Neon box: Neon box adalah reklame yang dipasang di area luar dengan lampu untuk media promosi. Pada malam hari, neon box akan menyala sehingga terlihat lebih menarik.

Demikian informasi tentang jenis reklame untuk promosi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.