Kenali Ragam Jenis Cover Jok Mobil Beserta Cara Memilihnya
Ilustrasi jok mobil (Foto: Pixabay/Fotobob)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada berbagai macam jenis cover jok mobil untuk melindungi material jok mobil supaya tidak mudah pudar, terkelupas, dan rusak. Pemilik kendaraan tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan kesukaan.

Selain melindungi material jok mobil, pemasangan sarung jok mobil juga dapat meningkatkan estetika interior mobil.

Mengingat ada banyak jenis jok mobil yang ditawarkan di pasaran, Mari kenali beberapa jenis cover jok mobil yang bisa melindungi dan meningkatkan tampilan interior mobil Anda.

Jenis Cover Jok Mobil

Secara garis besar, bahan pelapis sarung jok mobil terbagi ke dalam empat material utama, yakni kulit asli, semi kulit, premium sintesis, dan high grade sintetis. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, para produsen cover jok mobil mulai menggunakan bahan lain seperti nilon dan PVC.

Dirangkum dari berbagai sumber, Kamis, 2 November 2023, berikut jenis cover jok mobil berdasarkan bahan yang digunakan:

  • Cover jok mobil dari kulit sintetis: Jenis cover jok mobil yang satu ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Penggunaan cover jok mobil dari kulit sintetis bisa membuat interior terlihat mewah dan elegan. Hanya saja, bahan kulit sintetis tidak bisa menyerap panas atau dingin sehingga bila suhu kabin dan jok mobil panas, maka suhu cover akan ikut panas dan jadi gampang melar.
  • Cover jok mobil dari kulit asli: Sarung jok mobil yang terbuat dari kulit asli memiliki harga yang cukup mahal. Namun, bahan ini terkenal tahan lama dan awet. Kekurangannya, cover jok mobil berbahan kulit asli tidak bisa dicuci seperti mencuci sarung jok berbahan kain. Untuk menjaga agar cover jok tidak kotor, Anda bisa melapisi cover tersebut dengan lapisan khusus lainnnya.
  • Cover jok mobil dari polyester: Jenis cover jok mobil yang satu ini bisa membuat interior terlihat lebih indah. Kelebihan lainnya, harga jualnya murah, tidak mudah rusak, tahan air, dan mudah dibersihkan. Sedangkan kekurangan, bahan polyester mudah kotor dan sulit dibersihkan bila ada noda yang membandel.
  • Cover jok mobil dari nilon: Bahan cover jok mobil ini memiliki daya tahan lebih lama ketimbang bahan kain lainnya. Cover jok mobil dari nilon memiliki sifat tahan air dan dapat meredam benturan. Kelemahannya, bahan nilon sulit menyerap udara sehingga ketika kabin mobil bersuhu panas, maka jok mobil akan ikut panas.
  • Cover jok mobil dari PVC: Cover jenis ini biasanya digunakan untuk melindungi jok mobil LCGC. Keunggulan cover jok mobil berbahan PVC yakni, anti air dan mudah dibersihkan. Kekurangannya, interior mobil akan terkesan murah.

Cara Memilih Cover Jok Mobil yang Benar

Supaya Anda dapat memilih cover jok mobil sesuai kebutuhan, berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih cover jok mobil:

  • Perhatikan kualitas material dan bahas pelapis cover jok mobil.
  • Pilih cover yang mempunyai lapisan anti UV dan anti air.
  • Pertimbangkan tipe dan cara pemasangannya. Cover jok mobil memiliki dua tipe, yakni tipe khusus dan universal.
  • Gali informasi lebih dalam ihwal cover jok mobil yang ingin digunakan. Seperti apakah material bahannya dapat menyerap udara, berpori, dan mentransfer suhu atau tidak.
  • Sesuaikan warna cover jok mobil dengan interior mobil.
  • Pilih cover jok mobil sesuai dengan budget.

Demikian informasi tentang jenis cover jok mobil beserta cara memilihnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca VOI.ID.