Pembangunan Akses Tol Makassar New Port Sudah Mencapai 73,03 Persen
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Pembangunan akses tol Makassar New Port (MNP) yang menjadi salah satu proyek strategis nasional (PSN) hingga saat ini sudah mencapai 73,03 persen.

Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN) Ismail Malliungan mengatakan, progres pembangunan tengah memasuki tahapan penyelesaian berbagai struktur pekerjaan.

"Kalau secara persentase itu sudah 73,03 persen. Sekarang ini sudah memasuki tahap penyelesaian erection box girder dengan metode shoring," ujarnya, dikutip dari Antara, Kamis 13 Juli.

Ismail Malliungan menjelaskan proyek Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) sepanjang 3,2 kilometer (km) dikerjakan oleh anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk di sektor jalan tol.

Tahap pekerjaan selanjutnya adalah pemasangan Lead Rubber Bearing (LRB), pengaspalan dan juga pekerjaan relokasi ramp at-grade. LRB sendiri adalah salah satu jenis sistem pelindung gempa yang terdiri dari pelat-pelat baja berbentuk bundar dan terhubung dengan padat karet.

Pembangunan Jalan Akses Tol MNP nantinya akan mempermudah akses mobilisasi logistik sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar.

Proyek ini akan terkoneksi dari Tol Reformasi Makassar (Tol JTSE) menuju ke Pelabuhan Petikemas Makassar New Port dan dari Kawasan Industri Makassar (Kima) menuju Pelabuhan Petikemas Makassar New Port.

Keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat memperlancar jalur ekspor dan impor melalui pelabuhan yang menghubungkan Makassar dengan kota-kota lain di Sulawesi Selatan dan provinsi sekitarnya.

Tak hanya itu, proyek ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP. Sehingga, keberadaan Tol MNP akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port.

Proyek pembangunan Jalan Akses Tol MNP akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP. Sementara pembangunan tahap kedua dilakukan dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP.

Tahap pertama dan kedua dikerjakan bersamaan sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya.

Akses jalan tol menuju Makassar New Port merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Usaha Jalan Tol.

"Sedangkan pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo)," ucapnya.