Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebelum membuka bisnis UMKM, ada baiknya pelaku usaha melakukan analisis SWOT agar dapat memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan bisnis.

Analisis SWOT dalam bisnis menekankan pada pentingkan peran faktor internal maupun faktor eksternal guna menyusun strategi perencanaan ide dan penyelesaian masalah secara efektif.

Nah, dalam artikel berikut ini, VOI akan membahas apa itu analisis SWOT dalam bisnis beserta tujuan, manfaat dan faktor yang mempengaruhinya.

Apa Itu Analisis SWOT dalam Bisnis?

Metode analisis SWOT dalam bisnis pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada 1960 saat menginisiasi proyek penelitian di Stanford Research Institute. Sejak saat itu, analisis SWOT mulai digunakan oleh para pebisnis untuk menumbuhkan dan mengembangkan perusahaan mereka.

Adapun yang dimaksud dengan analisis SWOT adalah metode perencanaan dengan mengevaluasi 4 komponen, yakni strengths (kekuatan dalam bisnis), weakness (kelemahan perusahaan atau bisnis), opportunities (peluang bisnis), threats (ancaman usaha).

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa analisis SWOT akan membantu para pemilik usaha dalam mengatur tingkat kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dimiliki secara sistematis.

Dengan melakukan analisis SWOT terhadap bisnis, seluruh pihak yang berkaitan bisa lebih mudah memahami dan mengenali rencana perusahaan.

Tujuan Analisis SWOT dalam Bisnis

Dikutip dari Gramedia Blog, analisa SWOT memiliki tujuan utama sebagai berikut:

  • Memudahkan pelaku bisnis saat melakukan pemetaan faktor-faktor penting
  • Memprediksi berbagai masalah yang mungkin muncul di masa depan
  • Mengetahui posisi perusahaan di tengah pusaran persaingan bisnis
  • Memberi kesempatan untuk perusahaan agar dapat berkembang pesat
  • Memudahkan pelaku bisnis untuk mengambil keputusan penting.

Manfaat Analisis SWOT dalam Bisnis

Ada banyak manfaat analisis SWOT yang bisa didapatkan pelaku bisnis, khususnya ketika melakukan perencanaan bisnis.

Saat pelaku bisnis menjadikan empat komponen SWOT sebagai acuan dasar selama proses perencanaan dan pelaksanaan strategi, mereka bisa mempertimbangkan keputusan dan menentukan prioritas dengan lebih baik.

Dengan kata lain, analisa SWOT dapat dimanfaatkan para pebisnis untuk membantu dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan rangkaian tahap bisnis secara terstruktur dan sistematis melalui pengetahuan dasar tentang hal-hal berikut.

  • Bagaimana caranya memanfaatkan kekuatan (strengths) agar dapat menghasilkan keuntungan melalui peluang (opportunities).
  • Bagaimana menentukan strategi untuk mengatasi kelemahan (weaknesses) perusahaan yang berisiko mencegah datangnya keuntungan sekaligus berpotensi mendatangkan kerugian.
  • Bagaimana cara memanfaatkan kekuatan (strengths) yang dimiliki perusahaan agar bisnis yang dijalankan mampu menghadapi dan menyelesaikan ancaman (threats) yang ada maupun yang mungkin akan timbul.
  • Menentukan langkah yang harus diambil untuk mengendalikan dan mengatur kelemahan (weaknesses) perusahaan yang berisiko dalam memicu ancaman (threats) dalam menjalankan bisnis.

Faktor yang Mempengaruhi Alanisis SWOT dalam Bisnis

Secara umum, ada dua faktor utama yang mempengaruhi analisa SWOT dalam bisnis, yakni faktor internal dan eksternal. Kedua faktor ini juga dikenal sebagai Matrix IE. Berikut ulasannya.

  • Faktor internal: Faktor internal dalam analisis SWOT adalah kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness) yang diperoleh dari bagian internal perusahaan atau bisnis. Faktor ini umumnya berkaitan dengan sumber daya dan pengalaman yang ada, seperti Sumber daya fisik, sumber daya manusia, sumber daya keuangan, dan akses ke sumber daya alam.
  • Faktor Eksternal: Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang umumnya diperoleh dari pihak-pihak eksternal. Untuk mencari tahu faktor eksternal, pelaku bisnis dapat melakukan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada para responden.

Demikian informasi tentang apa itu analisis SWOT dalam bisnis. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.