Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diketahui melakukan pertemuan dengan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Fabien Penone di Jakarta. Disebutkan bahwa utusan dari negara Eropa tersebut merupakan representatif yang baru dan akan bertugas selama beberapa tahun ke depan.

“Bienvenue en Indonésie! Kemarin, saya menyambut hangat kehadiran Fabien Penone yang baru saja ditugaskan untuk menjadi Duta Besar Prancis di Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu, 14 Juni.

Menurut Menkeu, Fabien hadir ke kantor saya untuk mengenal Indonesia lebih mendalam.

“Saya katakan, hubungan Indonesia dan Prancis sangat kuat dan mendalam,” tuturnya.

Menkeu menyatakan bahwa Prancis merupakan salah satu mitra dagang dan investasi bagi Indonesia.

“Kami juga berdiskusi mengenai isu climate change. Komitmen Indonesia untuk menghadirkan transisi hijau sangat kuat meski menjadi produsen batu bara tertinggi di dunia. Kita juga membuka banyak peluang kerja sama multilateral untuk mencapai National Determined Contribution,” katanya.

Disamping itu, sambung Menkeu, Fabien mengatakan jika Prancis sangat mendukung full membership Indonesia dalam forum Financial Action Task Force (FATF).

“Saya sangat mengapresiasi hal ini. Sebagai penutup diskusi, kami berharap hubungan diplomatik Indonesia-Perancis dapat berlanjut menjadi lebih strategis. Dari courtesy meeting Duta Besar Perancis. Jakarta, 14 Juni 2023,” pungkas Menkeu Sri Mulyani.