<i>Dear Investor</i>, IHSG Kamis Berpeluang Kembali Menguat
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bakal menguat pada perdagangan hari ini, Kamis 8 Juni, setelah kemarin kembali ke zona hijau dengan penguatan tipis 0,01 persen atau 0,83 poin ke level 6.619,75.

Phintraco Sekuritas memprediksi IHSG pada Kamis ini berpotensi rebound ke kisaran 6.630-6.650. Secara teknikal, konfirmasi rebound di Kamis akan membentuk pola golden cross pada Stochastic RSI di oversold area dan menjaga peluang rebound lanjutan.

"Potensi technical rebound IHSG tersebut dibayangi oleh sentimen negatif eksternal," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Adapun sentimen eksternal yang mempengaruhi antara lain nilai ekspor Tiongkok yang turun 7,5 persen secara YoY pada Mei 2023. Penurunan tersebut lebih dalam dari perkiraan yaitu 0,4 persen secara YoY.

Sementara, penurunan nilai impor sebesar 4,5 persen YoY pada Mei 2023 ternyata tidak sedalam perkirakan di level 8 persen YoY.

"Masih dari eksternal, pasar juga mengantisipasi realisasi pertumbuhan ekonomi Euro Area di kuartal I 2023," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Pertumbuhan ekonomi Zona Euro Euro kuartal pertama 2023 diperkirakan melambat ke 1,2 persen YoY dari 1,8 persen YoY pada kuartal keempat 2022.

IHSG diprediksi bergerak pada area support di level 6.600 dan resistance di level 6.730. Adapun saham-saham yang direkomendasikan Phintraco Sekuritas adalah TLKM, UNVR, CPIN, MAPI, BMRI, dan MNCN.