IHSG Kamis Dibuka Menguat 0,26 Persen ke Level 4.926,96
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Kamis 2 Juli. IHSG ditutup menguat 0,26 persen atau 12,57 ke level 4.926,96.

Membuka perdagangan, 125 saham menguat, 35 saham melemah, dan 99 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 94,13 juta lembar saham dan ditransaksikan seniali Rp82,59 miliar.

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, menyebutkan pergerakan IHSG pada perdagangan hari ini kembali berpeluang untuk menguat. Secara teknikal, kata Lanjar, pola pergerakan IHSG terlihat cukup mampu bertahan pada tren positif jangka menengah.

"Sehingga, IHSG masih berpeluang untuk kembali menguat, dengan rentang support-resistance di level 4.900-5.000," katanya.

Di tengah potensi penguatan IHSG pada perdagangan hari ini, Lanjar menyodorkan sejumlah saham yang bisa dimainkan pelaku pasar, yakni PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Kemudian, lanjut Lanjar, investor juga bisa menyimak saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Harum Energy Tbk (HRUM), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), PT Medco Energy Tbk (MEDC), dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM). 

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama pun menilai bahwa IHSG hari ini bakal bergerak ke area positif.  "Ada potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance," katanya.

Berdasarkan analisisnya secara teknikal, area support indeks berada pada rentang level 4.865 hingga 4.778. Sementara itu, resistance berada pada rentang level 4975 dan 5097.