Pertamina Bantu Pengembangan Ekowisata di Tarakan
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Fuel Terminal Tarakan membantu pengembangan ekowisata Gunung Selatan di Tarakan, Kalimantan Utara.

“Kami harap program ini mampu menurunkan tingkat limbah, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, dan menggerakkan roda perekonomian bagi warga sekitar,” kata Area Manager Communication and CSR Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Senin 29 Mei.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Pertamina Fuel Terminal Tarakan yang bekerjasama dengan Dinas Kehutanan (Dishut) Tarakan melalui UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tarakan.

Dalam rangkaian acara yang dimulai dengan menghadirkan para ahli, praktik pengadaan alat dan bahan penunjang program, monitoring selanjutnya evaluasi program yang sedang berjalan.

Sementara itu program ini menyasar pada penumbuhan kesadaran cinta lingkungan (zero waste), kelompok mampu mandiri pakan, menghadirkan kesinambungan antar program binaan dan efek berganda sebagai lahan wisata air di kota Tarakan.

Arya berharap akan eksistensi program ekowisata dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang secara simbolis menerima bantuan pendampingan pemanfaatan perhutanan sosial bidang Sylvofishery Gabungan Kelompok Tani Hutan (Gapoktanhut) Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Agroforestry dari PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Fuel Terminal Tarakan yang diselenggarakan dalam acara peresmian program CSR Ekowisata Gunung Selatan di Tarakan, Kamis 25 Mei.

“Selamat atas rampungnya Ekowisata Gunung Selatan, sehingga keberadaannya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Kaltara, khususnya masyarakat kota Tarakan," kata Zainal.

Dia mengharapkan kedepannya Ekowisata Gunung Selatan ini lebih bermanfaat di segala sektor sehingga dapat meningkatkan ekosistem hutan dan perekonomian.