Menperin Agus Tinjau Persiapan Akhir Indonesia Partner Country Hannover Messe 2023
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita (kanan). (Foto: Dok. Kemenperin)

Bagikan:

JAKARTA - Pameran industri terbesar di dunia Hannover Messe 2023 telah dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Kanselir Jerman Olaf Scholz, pada 16 April 2023.

Untuk memastikan kelancaran persiapan agenda tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto bersama Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi meninjau langsung lokasi Zona Pavilion Indonesia seluas 3.000 m2 di Hall 2 Hannover Fairground.

"Di Pavilion Indonesia, area seluas 1500 m2 digunakan oleh 157 co-exhibitors yang dibagi dalam beberapa zona sesuai dengan Highlight Theme Indonesia Partner Country, yaitu zona A untuk perusahaan dengan tema sustainability and energy, zona B sebagai main zone Making Indonesia 4.0 dan engineered part and solution, zona C untuk BUMN, zona D untuk tema investment/industrial park dan human capital, serta zona HM yang diperuntukkan bagi tema startup and innovation dan HM Display Categories," kata Menperin Agus dalam keterangan persnya, Senin, 17 April.

Sementara itu, Menko Perekonomian Airlangga menyebut, Hannover Messe 2023 bisa memberikan gambaran perkembangan ekonomi dan manufaktur di Indonesia.

"Diharapkan kolaborasi teknologi dan investasi bisa diselenggarakan dalam pameran kali ini," ujarnya.

Selain mengunjungi Paviliun pusat Indonesia di Hall 2, rombongan juga meninjau ke Hannover Congress Centrum sebagai tempat pelaksanaan opening ceremony Hannover Messe 2023.

Pavilion utama Indonesia sendiri mengusung konsep kapal Pinisi dan tagline "Infinite Journey" dalam Hannover Messe 2023 yang diharapkan dapat menginspirasi dan mendorong peserta untuk merangkul peluang tak terbatas dari ajang tersebut.

Peresmian Pavilion Indonesia akan dilanjutkan dengan Walkabout, Business Summit, serta Indonesia Country Night pada 17 April 2023 dan beberapa kegiatan conference dengan beberapa tema terkait teknologi pada 18-20 April 2023.

Sekadar informasi, Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman dijadwalkan meresmikan Pavilion Indonesia pada 17 April 2023 pukul 08:45 waktu setempat.