Dongkrak Pertumbuhan Manufaktur di 2024, Kemenperin Bidik Partisipasi Industri dalam Pameran Internasional
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Dok. Kemenperin)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan meningkatkan partisipasi industri pengolahan lokal dalam berbagai pameran internasional pada 2024 mendatang. Hal ini dilakukan untuk menggenjot pertumbuhan manufaktur.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pameran internasional juga mengasah kemampuan industri untuk beradaptasi dengan teknologi dan tren global.

"Kemenperin menekankan pentingnya partisipasi dalam pameran industri internasional sebagai wujud dukungan dan fasilitasi untuk mendorong akses industri nasional ke pasar global," ujar Menperin Agus dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Kamis, 28 Desember.

Adapun sejumlah pameran bergengsi internasional rencananya yang akan diikuti oleh Kemenperin, antara lain Hannover Messe 2024 di Hannover, Jerman, SIAL Paris 2024 di Paris, Prancis, Ambiente di Frankfurt, Jerman, dan Food Ingredients Europe 2024 di Paris, Prancis.

Pameran-pameran internasional lainnya mencakup beragam subsektor industri, di antaranya teknologi, bahan makanan dan minuman, serta kerajinan dan home decor.

"Berbagai ajang pameran tersebut diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk memperluas cakrawala ekspor, menampilkan keunggulan, dan meningkatkan daya saing industri Indonesia," katanya.

Dengan mempertemukan pelaku industri dari berbagai negara, pameran ini diharapkan dapat membuka pintu peluang baru bagi kolaborasi bisnis dan pertukaran pengetahuan serta membuka wawasan para pelaku industri nasional terhadap potensi dan tren di pasar global serta teknologi terkini.

Sementara itu, Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko S.A Cahyanto mengharapkan, partisipasi aktif Indonesia dalam pameran-pameran internasional ini dapat membuka berbagai peluang baru, tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi, tetapi juga untuk mengukuhkan posisi Indonesia sebagai pemain kunci dalam pasar global.

Salah satu yang dinantikan yakni pameran Hanover Hannover Messe 2024. Melalui ajang tersebut, Indonesia akan kembali memperkuat branding RI sebagai manufaktur dunia yang konsisten bertransformasi melalui penerapan teknologi industri 4.0.

Untuk ikut serta di Hannover Messe 2024, Kemenperin akan melakukan persiapan secara baik dan matang, terutama terkait aspek kepesertaan dan sejumlah program kegiatan menarik serta showcase industri unggulan Indonesia di-event tersebut.

"Meski Indonesia tidak menjadi official partner country, kami optimistis partisipasi pada Hannover Messe 2024 akan kembali membuahkan hasil yang maksimal," imbuhnya.