Menyoal Pemberian Diskon Tarif Tol Jelang Lebaran 2023, Begini Kata Kementerian PUPR
Sekretaris BPJT Triono Junoasmono. (Foto: Tangkapan Layar/Theresia Agatha)

Bagikan:

JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) belum lama ini mengusulkan adanya pemberian diskon tarif tol sebagai insentif bagi pemudik yang mau berangkat lebih awal.

MTI menilai, hal tersebut bisa mengatasi kemacetan dari pergerakan orang yang melakukan mudik secara bersamaan pada musim libur Lebaran 2023.

Merespons hal tersebut, Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Junoasmono menyebut, pihaknya sangat mendukung dengan opsi pemberian diskon tersebut.

Pihaknya sudah mengimbau seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memberikan insentif tersebut.

Menurut dia, baru ada satu BUJT yang sudah dipastikan akan memberikan diskon tarif tol, yakni Jasa Marga.

"Jadi, kami dari Kementerian PUPR sangat mendukung tentunya terkait dengan adanya pemberian insentif. Saat ini, dari seluruh BUJT sedang mengkaji kemungkinan atau besarannya yang dapat diberikan pada waktu mudik Lebaran ini, tetapi respons sudah ada beberapa kepada kami," ujar Triono dalam diskusi Mudik Aman Berkesan dipantau secara daring, Senin, 10 April.

"Dan yang sudah positif itu Jasa Marga dari Jakarta sampai Cikampek sudah ada pemberian diskon 20 persen," tambahnya.

Triono menyebut, masyarakat harap bersabar menantikan diskon tarif tersebut. Menurut dia, dalam waktu dekat, akan ada tambahan pengumuman diskon tarif tol dari beberapa BUJT lainnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat kami bisa menyampaikan kepada masyarakat yang sudah fix memberikan diskon kepada masyarakat untuk ruas-ruas tertentu itu," ungkapnya.

Dikatakan Triono, nantinya pemberian diskon tarif tol tersebut sudah ditentukan jadwalnya masing-masing, sesuai dengan kesepakatan antara Kementerian PUPR dengan para BUJT.

"Tentunya, tanggalnya nanti menyesuaikan dengan tanggal yang sudah kami sepakati untuk arus mudik dan arus balik," pungkasnya.