Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut adanya rencana pemerintah untuk memberikan diskon tarif tol menjelang libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, saat ini pihaknya baru akan melakukan kajian terhadap penetapan kebijakan tersebut.

"Tarif tol yang belum diputuskan, kan belum rapat kerja," kata Endra usai ditemui dalam acara Hunindotech 4.0 di The Westin Hotel, Jakarta, Selasa, 14 November.

Endra menilai, adanya pemberian diskon tarif tol akan efektif untuk menyebar kepadatan kendaraan, khususnya pada momentum hari besar dan libur nasional seperti Natal dan Tahun Baru.

Oleh karena itu, Endra menyebut pemerintah akan mempertimbangkan dan mengkaji penerapan ulang kebijakan tersebut pada momentum Nataru 2023.

"(Kamis akan dibahas), kalau diskon tarif tol kan dipakai untuk men-spread traffic, ya, supaya dia bagian dari traffic management. Kalau untuk Lebaran kan bagus, sekarang (kemungkinan diterapkan di Nataru) kami harus excercise lagi nanti," ungkapnya.

Sekadar informasi, pada momentum Lebaran 2023, pemerintah bersama dengan badan usaha jalan tol (BUJT) Kementerian PUPR sempat menerapkan kebijakan diskon tarif tol untuk mengurangi kepadatan kendaraan di puncak hari libur.

Diskon tarif tol yang semula hanya 6 ruas saja kemudian diperluas menjadi total 12 ruas.

Adapun ruas yang sebelumnya diberlakukan diskon tarif tol, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak, Cibitung-Cilincing, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Kayu Agung-Palembang-Betung.

Kemudian, Jalan Tol Batang-Semarang yang dikelola oleh PT Jasamarga Semarang Batang, Jalan Tol Pemalang-Batang yang dikelola oleh PT Pemalang Batang Toll Road, Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang dikelola oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road.

Selanjutnya, Jalan Tol Kanci-Pejagan yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, Jalan Tol Palimanan-Kanci yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya.

Penerapan diskon tarif tol terjauh diberikan sebesar 20 persen, yakni di enam ruas Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta.