Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali melontarkan guyonannya saat memberikan sambutan dalam acara Hunindotech 4.0 di The Westin Hotel, Jakarta, Selasa, 14 November.

Dalam kesempatan itu, Menteri Basuki membahas mengenai perubahan sistem transaksi di tol.

Menteri Basuki mulanya mengatakan, sistem pembayaran tol nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan segera diujicobakan pada pekan kedua Desember 2023 di Tol Bali Mandara.

"Iya, (uji coba MLFF) sekitar minggu kedua Desember," katanya.

Basuki menilai, sistem pembayaran tol tersebut masih sangat baru bagi Indonesia dan memiliki tantangannya sendiri.

Dia bercerita, perpindahan transaksi tunai ke nontunai juga tidak berjalan mulus. Menurutnya, transaksi tradisional Indonesia adalah tunai, dan dia pun hingga saat tak pernah melakukan transaksi nontunai.

Mengingat, dirinya yang masih menggunakan handphone Nokia. Adapun handphone ini merupakan seri lama alias jadul.

"Kamu lihat handphoneku berdering sekarang, masih Nokia," canda Basuki sembari menunjukkan hpnya ke para peserta yang hadir.

Lebih lanjut, Basuki mengatakan, transformasi menuju digital bukan hal yang mudah bagi Indonesia, tak terkecuali dirinya.

"Bertransformasi ke era digital baru bukanlah hal yang mudah bagi Indonesia, dan juga bagi Basuki," kata Basuki diikuti tawa para peserta.

Seperti diketahui, inovasi teknologi MLFF merupakan suatu terobosan layanan transaksi di Jalan Tol tanpa sentuh yang dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di smartphone menggunakan sistem server based dengan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) dan data kendaraan dikenali menggunakan satelit.

Nantinya, saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna Jalan Tol dapat melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap kartu, yakni hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet. Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis.