Saat Jokowi Bicara Kemajuan IKN Nusantara, Menteri PUPR Basuki Kepergok Masih Pakai Handphone Jadul
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memang dikenal sederhana. Dalam berpenampilan juga dalam kepimilikan gadget, pria karib disapa Pak Bas itu jauh dari sebutan hedonisme.

Beberapa kali publik menaruh perhatian kepada pakaian dan celana andalannya beraktivitas berwarna itu-itu saja. Begitu juga topi lusuh logo PUPR yang kerap dikenakannya. Ketika diminta diganti, Pak Bas menolak dengan alasan topi 'bladus' itu masih layak pakai.

Soal urusan gadget sudah bukan rahasia lagi, Pak Bas nyaman menggunakan handphone dengan tipe rilisan lama alias jadul. Dalam sejumlah kesempatan, ia sering kepergok menulis SMS di hp jadulnya yang tidak bisa diinstal WhatsApp.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) mendampingi Presiden Jokowi menyampaikan progres pembangunan infrastruktur kawasan IKN Nusantara saat meninjau IKN, Penajam Paser Utara, Kaltim, Selasa, 25 Oktober. (Tangkapan layar akun YouTube Setkab)

Akun media sosial Kementerian PUPR juga tidak segan-segan mempublikasikan 'kejadulan' bosnya itu. Misalnya pada Mei lalu, medsos PUPR menggunakan Pak Bas dan handphone jadulnya sebagai model ucapan Selamat Idul Fitri.

Kesederhanaan Pak Bas itu memang konsisten hingga periode kedua pemerintahan Presiden Jokowi. Sikap sederhananya itu pun terlihat di lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara kemarin. Namun kali ini, momennya kocak.

Saat Jokowi menyampaikan sejumlah progres infrastruktur di IKN, tiba-tiba ringtone handphone Pak Bas berbunyi. Tangan kanannya sigap merogoh saku kemeja sembari membalikkan badan. Suara tidak diinginkan itu akhirnya mati.

Pak Bas yang berdiri tepat di samping Jokowi kembali menghadap kamera. Satu tarikan napas panjang, mukanya kembali datar menyimak. Sedangkan Jokowi tetap fokus dengan penyampaiannya.

Pak Bas kali ini kembali kepergok. Dari ringtone yang terdengar, ia menggunakan handphone merek Nokia. Merek handphone sama yang kerap dikenakannya selama bertahun-tahun lalu.

Dari ringtone yang terdengar, tipe handphone Pak Bas masih polyphonic khas handphone tipe jadul. Handphone yang masih belum bisa diinstal WhatsApp, Telegram apalagi aplikasi YouTube.

Meski demikian, apapun tipe atau merek handphone yang dikenakan Pak Bas, yang terpenting komunikasinya ke bawahan, sesama menteri, hingga ke presiden tidak terganggu.