Aman, Stok Cabai di Babel Capai 2,9 Ton Jelang Ramadan
Cabai rawit di pasar Phara Sentani (ANTARA)

Bagikan:

PANGKALPINANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan stok cabai merah dan rawit di gudang distributor mencapai 2,9 ton dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut puasa Ramadan 1444 H.

"Dalam pekan ini, distributor akan kembali menambah pasokan cabai sehingga dipastikan stok cabai ini cukup," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel Tarmin AB dikutip ANTARA, 19 Maret.

Ia menyatakan sebanyak 2,9 ton stok cabai tersebut dengan rincian 1,9 ton cabai besar tersebar di gudang distributor Suhadi 0,7 ton, Dayat 0,4 ton Hamid 0,8 ton da Hypermart 0,006 ton.

Sementara itu stok cabai rawit sebanyak 1 ton terdapat di gudang H Awi 0,2 ton, Suhadi 0,5 ton, Dayat 0,3 ton dan Hypermart 0,004 ton.

"Diperkirakan permintaan cabai akan meningkat hingga hari pertama puasa Ramadan pada Kamis (24/3)," katanya.

Ia menyatakan saat ini harga cabai di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih stabil. Harga cabai merah keriting Rp42.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp58.0000 per kilogram dan harga cabai rawit hijau Rp54.000 per kilogram.

"Saat ini permintaan cabai masih relatif normal dan diperkirakan meningkat sehari sebelum puasa Ramadan," katanya.

Menurut dia, untuk memenuhi kebutuhan cabai ini, para distributor masih mengandalkan pasokan dari luar daerah, karena hasil panen cabai petani lokal yang masih kurang untuk memenuhi konsumsi cabai masyarakat yang tinggi.

"Kami berharap para distributor dan pedagang untuk terus menambah pasokan, agar tidak terjadi lonjakan harga yang akan memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu dalam menyambut puasa ini," katanya.