Bank Indonesia Siapkan Uang Tunai Rp195 Triliun Jelang Ramadan dan Idulfitri
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) menyatakan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Ramadan serta Idulfitri.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan uang tunai tersebut dipastikan mencukupi dan dalam kondisi layak edar.

“Khusus dalam menyambut Ramadhan dan Idulfitri kami mengadakan program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2023, termasuk penyediaan uang tunai sebesar Rp195 triliun,” ujarnya ketika menggelar konferensi pers pada Kamis, 16 Maret.

Perry menjelaskan, jumlah Uang Kartal Yang Diedarkan (UYD) pada Februari 2023 meningkat 2,71 persen year on (yoy) mencapai Rp905,4 triliun.

“Bank Indonesia memastikan ketersediaan uang rupiah dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tuturnya.

Perry menyampaikan pula Bank Indonesia akan memperkuat kebijakan sistem pembayaran dalam menghadapi periode bulan Ramadhan dan Idulfitri.

“Kami memastikan ketersediaan dan keandalan sistem pembayaran Bank Indonesia dan sistem pembayaran industri, termasuk memantau sistem peserta dalam memberikan pelayanan transaksi sistem pembayaran,” tegasnya.

Perry menambahkan, bank sentral juga akan memastikan ketersediaan uang rupiah layak edar dengan memperkuat layanan kas kepada masyarakat melalui perbankan .

“Bank Indonesia akan menyediakan lokasi layanan penukaran uang pada titik-titik keramaian dan jalur mudik,” tutup dia.