Pemerintah Promosikan IKN hingga Kendaraan Listrik di Ajang Hannover Messe 2023
Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi (ketiga dari kanan). (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana mempromosikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di ajang pameran Hannover Messe 2023.

Diketahui, Indonesia kembali terpilih menjadi partner country atau negara mitra dalam pameran dagang industri internasional Hannover Messe tahun ini yang digelar pada 17-21 April 2023.

"Pada saat pelaksanaan Hannover Messe, kami punya kurang lebih tujuh agenda, di antaranya terkait tema sustainability, carbon neutrality, termasuk topik mengenai electric vehicle (EV) ecosystem," kata Staf Ahli Menteri Perindustrian Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi kepada wartawan di Gedung Kemenperin, Jakarta, Rabu, 8 Maret.

Saat ini, pemerintah memberikan karpet merah untuk pelaku usaha yang ingin membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Menurut Andi, Hannover Messe bisa menjadi peluang para investor mobil listrik dari penjuru dunia masuk Indonesia.

"Produsen Jerman itu kan, ada VW, BMW, dan sebagainya. Amerika ada Tesla, tetapi bisa jadi di sana ada produsen China, misalnya BYD. Nah, tentu saja mereka punya kesempatan yang sama untuk mendapat insentif dari pemerintah," ujar Andi.

Selain EV, dalam pameran Hannover Messe tersebut, Indonesia juga akan mempromosikan IKN Nusantara.

Presiden Jokowi telah meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal Bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara.

Dalam regulasi itu, beragam insentif dan kemudahan berusaha di IKN Nusantara diberikan pemerintah.

Hal ini yang nantinya disebarluaskan kepada para pengunjung pameran Hannover Messe.

"Ada PP baru Nomor 12 Tahun 2023 terkait dengan izin berusaha, kemudahan berusaha, dan fasilitas penanaman modal bagi pelaku usaha di IKN. Jadi, itu termasuk kebijakan yang akan disampaikan pada forum Hannover Messe," pungkasnya.