Berdayakan IKM Alas Kaki, Kemenperin Gandeng Jenama Lokal Eksis di Jakarta <i>Sneaker Day</i> 2023
BPIPI menggandeng jenama (brand) lokal tampil di Jakarta Sneaker Day Solebration 2023. Foto: Dok. Kemenperin

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Balai Besar Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) menggandeng jenama (brand) lokal untuk tampil dalam Jakarta Sneaker Day Solebration 2023.

Lewat ajang tersebut, BPIPI mengajak beberapa jenama lokal alas kaki untuk tampil pada agenda Sneaker Show dalam rangkaian Jakarta Sneaker Day Solebration 2023, yang juga merupakan kolaborasi antara komunitas Jakarta Sneaker Day (JSD) dengan ESMOD.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program dari kampanye #IndonesiaMelangkah yang bertujuan untuk mengajak para pelaku industri alas kaki di Indonesia bersama-sama saling mendukung dan berkolaborasi," kata Kepala BPIPI Kemenperin Syukur Idayati lewat keterangan resminya, dikutip Selasa, 28 Februari.

Upaya ini didasari oleh keinginan untuk membawa industri alas kaki agar semakin berdaya saing. "Sebagai salah satu subsektor industri yang berperan terhadap perekonomian, industri alas kaki semakin memiliki tempat di hati masyarakat dan berpeluang besar untuk mengisi pasar dalam negeri," ujarnya.

Idayati menyebut, pihaknya telah aktif bersinergi dengan Jakarta Sneaker Day sejak 2018 dengan terus menghadirkan jenama-jenama lokal, di antaranya Artemis Ethereal, Bitka, Burundi, Footwear Emba, Kanky, Ortuseight, Pijak Bumi, dan Prabu Indonesia.

"Pasar domestik luar biasa, namun begitu brand lokal masih kewalahan untuk memenuhi pasar ini. Misalnya, ada beberapa yang belum memiliki workshop sendiri, maka perlu kolaborasi antara para pelaku industri alas kaki sendiri," imbuhnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada triwulan IV - 2022, pertumbuhan industri alas kaki mencapai Rp30,8 triliun dengan nilai ekspor sebesar 7,7 miliar dolar AS.

Sekadar diketahui, BPPI merupakan satuan kerja di bawah Kemenperin yang fokus mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) alas kaki.

BPIPI membina IKM alas kaki untuk dapat meningkatkan kualitas produknya. Gerakan #IndonesiaMelangkah mendorong keterlibatan para pelaku usaha alas kaki dari hulu ke hilir dengan mengusung semangat kebersamaan, kecintaan pada profesi, dan komitmen untuk terus berkembang.