Realisasi Investasi Proyek Smelter Freeport di Gresik Capai Rp23,82 Triliun
Ilustrasi Smelter (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

SURABAYA - Realisasi investasi pembangunan proyek smelter PT Freeport Indonesia (PT FI) di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jatim, mencapai 1,6 miliar dolar AS atau Rp23,82 triliun (kurs Rp14.888 per dolar AS).

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, keberadaan smelter di Gresik merupakan Smelter Design Singel Line terbesar di dunia, dengan kapasitas pengolahan konsentrat 1.700.000 dmt per tahun.

"Jadi ini adalah investasi yang luar biasa, dari total investasi yang akan dicapai di sini mencapai 3 miliar dolar AS," kata Airlangga Hartarto mengutip antara, Jumat, 3 Februari 2022.

Target selesai konstruksi pembangunan smelter adalah akhir 2023, dan commissioning akhir Mei 2024 serta beroperasi secara komersil pada akhir 2024.

Airlangga mengatakan, progres pembangunan smelter tiang pancang telah mencapai 17.434 atau 100 persen, sedangkan pengerjaan beton sekitar 45 persen atau 100 ribu m3.

Dalam kunjungan itu, Menko Airlangga Hartarto didampingi Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas.

Tony mengatakan, untuk Sumber Daya Manusia, Freeport sudah memulai rekrutmen dan pembinaan, sehingga smelter Freeport akan dioperasikan sendiri.

Tony mengatakan, keberadaan Smelter di Gresik telah membantu penerima negara sebesar 3,7 miliar dolar AS atau di atas Rp50 triliun, yang didapat dari pajak, royalti dan pungutan-pungutan lainnya.