Duet Kompak Sri Mulyani dan Mensos Risma: Optimalkan Pajak untuk Atasi Kemiskinan
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Instagram @smindrawati)

Bagikan:

JAKARTA – Akhir pekan ini Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani diketahui melakukan serangkaian kunjungan kerja ke wilayah Jawa Timur. Pada salah satu agendanya, bendahara negara tercatat ikut menyalurkan bantuan sosial secara langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hal itu dia lakukan bersama Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dengan mengunjungi sebuah perkampungan di kawasan Malang, Jawa Timur.

“Berkat pajak yang Anda bayarkan, keluarga Bu Rumaiyah – penerima bantuan di Desa Ngabab, Malang - mendapatkan bantuan melalui @kemensosri untuk mengembangkan usaha ternak ayam. Dia mendapatkan bantuan 500 ekor ayam yang jumlahnya mencapai Rp18 juta rupiah,” ujar Sri Mulyani melalui @smindrawati pada Minggu, 22 Januari.

Menkeu menjelaskan, selain keluarga Rumaiyah, sebanyak 5.209 keluarga lain turut menerima bantuan dalam bentuk modal usaha sepanjang 2022. Disebutkan bahwa mereka adalah kelompok masyarakat miskin ekstrim yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan primer.

Tidak hanya modal usaha, terdapat pula 10.600 keluarga di Indonesia yang memperoleh bantuan rehabilitasi rumah sehingga bisa memiliki hunian permanen yang layak huni.

“Uang pajak anda, secara nyata telah membantu meningkatkan kesejahteraan kelompok masyarakat miskin. Lewat anggaran perlinsos tahun 2022 sebesar Rp461,6 triliun, kita gotong-royong membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tegasnya.

“Pajak Anda telah turut mengurangi kemiskinan dan membangun Indonesia untuk terus maju. Malang, 22 Januari 2023,” tutup Menkeu Sri Mulyani.