Fokus Tingkatkan Daya Saing, Mendag Zulhas: Jika Ekosistem UMKM Terbangun, Ekonomi Akan Mengerek Naik
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: Dok. Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pemerintah mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas melalui empat pilar peningkatan daya saing UMKM.

Adapun keempat pilar peningkatan daya saing UMKM yang dimaksud adalah menyinergikan UMKM, ritel modern, lokapasar, dan perbankan dalam satu ekosistem.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan saat bertemu dengan para pelaku UMKM di Kota Binjai, Sumatra Utara, hari ini, Selasa, 17 Januari.

Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan dukungan pemerintah untuk mendorong UMKM naik kelas ini sangat penting.

Sebab, dengan terbentuknya eksosistem UMKM yang baik maka akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jika ekosistemnya terbangun, ekonomi juga akan merangkak naik,” ujar Mendag Zulhas.

Dia berharap, UMKM di Kota Binjai dapat bersinergi menyuplai produk-produk mereka ke ritel-ritel modern di Sumatra Utara.

Termasuk juga bersinergi melalui berbagai pelatihan untuk meningkatkan kapasitas hingga akhirnya mampu merambah pasar digital.

“Kami harap UMKM Kota Binjai juga dapat bersinergi dengan ritel modern, lokapasar, dan perbankan untuk terus mengembangkan UMKM di Kota Binjai,” katanya.

Zulhas mengatakan, pemerintah juga mendukung pembiayaan UKM antara lain melalui kerja sama dengan perbankan dalam skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Salah satu peserta pameran yang juga pendiri TAN Collection dan Kelompok Rambutan Binjai, Tan Darwania Makatita menyampaikan apresiasinya dan meminta dukungan pemerintah untuk terus mengembangkan UMKM Kota Binjai.

“Kami mohon dukungan atas produktivitas UMKM di sanggar TAN Collection pada khususnya, dan semua UMKM di Kota Binjai pada umumnya, sehingga UMKM di Kota Binjai semakin berkembang,” kata Tan.

Dalam kunjungan kali ini, turut hadir Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dan Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan Didid Noordiatmoko.

Mereka juga ikut berbincang dengan pelaku UMKM yang mayoritas bergerak di bidang tekstil serta makanan dan minuman.