Soal Rencana Bagi-bagi <i>Rice Cooker</i> Gratis, Menteri ESDM: Masih Perlu Pendalaman Karena Libatkan Kementerian dan Lembaga yang Lain
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif buka suara terkait wacana pembagian penanak nasi atau rice cooker secara gratis.

Menurutnya saat ini belum ada anggaran yang disediakan untuk pengadaan rice cooker gratis bagi masyarakat.

"Belum ada anggaranya," ujarnya kepada media yang dikutip Rabu 30 November.

Arifin menambahkan, wacana program tersebut masih memerlukan pendalaman lebih lanjut karena juga akan melibatkan kementerian dan lembaga lain.

"Itu masih perlu pendalaman, karena juga melibatkan juga K/L (kementerian dan lembaga) yang lain," lanjut Arifin.

Sebelumnya wacana ini dikemukakan oleh Sub koordinator Fasilitasi Hubungan Komersial Usaha Ketenagalistrikan, Direktorat Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Edy Pratiknyo.

Edy bilang, saat ini pemerintah tengah membahas wacana membagi-bagikan 680.000 rice cooker atau penanak nasi listrik kepada masyarakat pelanggan listrik 450 VA.

Menurut Edy, nantinya bantuan penanak nasi ini akan disalurkan ke seluruh Indonesia melalui APBN Kementerian ESDM tahun 2023.

Kementerian ESDM dalam hal penyaluran bantuan ini akan memanfaatkan data milik Kementerian Sosial dengan nilai paket program sebesar Rp500.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).