Ajaib Catatkan Pertumbuhan Investor dalam Setahun Terakhir
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Platform teknologi investasi terbesar dan salah satu perusahaan unicorn Indonesia, Ajaib, mencatatkan pertumbuhan kenaikan investor lebih dari 100 persen dalam 12 bulan terakhir, dan tembus lebih dari dua juta investor.

"Ajaib berkomitmen untuk terus meningkatkan akses layanan keuangan modern kepada generasi baru Indonesia dengan menyediakan layanan investasi yang aman dan terpercaya," kata Strategic Communications Lead Ajaib Iwan Kurniawan dalam keterangan resmi, dikutip dari Antara, Jumat 4 November.

Lebih dari 90 persen nasabah Ajaib adalah Gen-Z dan milenial, di mana mayoritas investor melakukan investasi saham pertama kali melalui Ajaib.

Data Ajaib sejalan dengan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang menunjukkan bahwa jumlah investor saham dan surat berharga lain pada September 2022 mencapai 4,22 juta investor atau naik 22,4 persen dibandingkan Desember 2021 sebanyak 3,45 juta. Dari segi demografi, lebih dari 81 persen investor merupakan gen-Z dan milenial.

Iwan menjelaskan sejak awal berdiri Ajaib memiliki visi untuk menyambut generasi baru investor dengan layanan keuangan modern yang terpercaya.

Ajaib melihat banyak generasi muda Indonesia kesulitan berinvestasi di pasar modal sehingga Ajaib membuat aplikasi investasi melalui pendekatan mobile first yang ramah pengguna dan 100 persen online untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat di berbagai daerah.

“Kami percaya setiap orang harus memiliki akses ke layanan keuangan dan sayangnya anak-anak muda Indonesia pada saat itu melihat investasi sesuatu yang jauh dari mereka serta memerlukan modal dan biaya yang besar,” katanya.

Atas pencapaian tersebut, Ajaib mendapatkan The Best Online Stock Brokerage melalui Ajaib Sekuritas dan The Most Trusted Crypto Trading App melalui Ajaib Kripto dari CNBC Indonesia Awards pada 2 November 2022 lalu.

Ajaib dinilai sebagai startup investasi pertama yang menawarkan berbagai instrumen investasi melalui platform online yang ada di aplikasi Android dan iOS, dan dipercaya lebih dari dua juta investor yang sebagian besar baru mengenal investasi.

“Penghargaan ini akan menjadi penyemangat kami untuk terus mendemokratisasi akses terhadap investasi kepada masyarakat Indonesia melalui teknologi, sesuai visi Ajaib yang ingin menyambut generasi baru Indonesia melalui pelayanan keuangan modern,” tutup Iwan.

Pada Oktober 2021 silam, Ajaib menjadi unicorn ke-7 di Indonesia dan fintech unicorn investasi pertama di Asia Tenggara setelah menggalang dana Seri B sebesar 243 juta dolar AS atau senilai Rp3,4 triliun.