Ide Bisnis di Masa Resesi: Awas, 2023 Sebentar Lagi!
Ide Bisnis di Masa Resesi (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Peristiwa dunia baru-baru ini seperti pandemi, perang di Ukraina dan kekurangan bahan bakar telah membuat para ahli ekonomi percaya bahwa resesi akan segera terjadi.

Federal Reserve memperkirakan kemungkinan resesi satu tahun ke depan menjadi sekitar 35 persen pada tahun 2023. Saatnya untuk membahas ide bisnis di masa resesi nih!

Sementara inflasi melonjak dan pasar saham tersandung, ada bisnis tahan resesi yang dapat membantu Anda mendapat untung selama masa ketidakpastian.

Inilah daftar ide bisnis tahan resesi yang perlu diingat.

Beberapa Ide Bisnis di Masa Resesi

Berjualan (Unsplash)

Penjualan Barang Bekas Online

Penjualan barang bekas tas, pakaian, dan aksesori mewah secara online adalah hal biasa selama krisis ekonomi. Berkat eBay, Poshmark, dan thredUP, mudah bagi siapa saja untuk menjual kembali barang secara online dan mengirimkan produk ke konsumen.

Menurut Forbes, sekitar 33 juta konsumen membeli pakaian bekas untuk pertama kalinya pada tahun 2020. Industri ini juga diproyeksikan meningkat dua kali lipat dalam 5 tahun ke depan, mencapai $77 miliar.

Layanan Kebersihan

Karena pandemi yang sedang berlangsung, layanan kebersihan perusahaan tetap diminati.

Bisnis secara teratur membutuhkan pembersih untuk lobi, kamar mandi, ruang kerja karyawan, dan area publik lainnya menggunakan disinfektan.

Memulai bisnis kebersihan Anda sendiri mungkin tampak menakutkan.

Namun, Anda dapat memulai dari yang kecil dan menawarkan layanan pembersihan pribadi kepada tetangga atau bisnis kecil Anda terlebih dahulu.

Kontrak Perbaikan Rumah

Perbaikan rumah dan kontraktor adalah salah satu industri yang paling tangguh, dengan valuasi 457 miliar dolar AS dalam setahun.

Cukuplah untuk mengatakan, kebanyakan orang menginginkan akses ke layanan perbaikan, pemipaan, dan pencucian bertekanan sesegera mungkin, daripada menunggu kondisi ekonomi yang lebih baik.

Karena orang cenderung tinggal di rumah dan menghemat uang, mereka juga dapat mengalokasikan anggaran terbatas mereka untuk proyek perbaikan rumah.

Hal ini terutama terjadi pada pemilik rumah yang ingin menjual properti mereka untuk memerangi kesulitan keuangan.

Penitipan Anak

Orangtua yang bekerja selalu membutuhkan layanan penitipan anak, sehingga industri ini akan selalu berkembang.

Meskipun resesi membayangi, banyak yang tetap termotivasi untuk mengejar karir mereka dan mencari bantuan dalam hal merawat anak-anak mereka yang masih kecil. Dengan penilaian sebesar 54,3 miliar dolar AS pada tahun 2019, industri penitipan anak diperkirakan akan terus tumbuh pada tingkat tahunan (CAGR) sebesar 3,9 persen dari tahun 2020 hingga 2027.

Pengajaran Online

Industri e-learning diproyeksikan tumbuh dari $197 miliar pada tahun 2020 menjadi 840,11 miliar dolar AS pada tahun 2030. J

ika Anda memiliki keterampilan yang dapat dipasarkan dan dosis karisma yang sehat maka Anda akan dapat mengajarkan apa pun secara online.

Tidak perlu gelar PhD atau kualifikasi mengajar untuk menawarkan pelajaran fotografi, yoga, tari, dan kerajinan tangan dari kenyamanan rumah Anda sendiri.

Untuk membuat usaha ini berkelanjutan, luncurkan kursus online di platform seperti Teachable untuk terus menghasilkan uang dengan upaya minimal.

Anda harus melakukan banyak pemasaran untuk menarik siswa, namun, Anda bisa mendapatkan ribuan dolar setelah berhasil membangun reputasi.

Akuntansi, Pembukuan, atau Perencanaan Keuangan

Layanan keuangan akan tetap diminati terlepas dari resesi. Faktanya, industri akuntansi bernilai 544,06 miliar dolar AS pada tahun 2020, dan permintaannya masih terus meningkat.

Baik Anda menghasilkan uang dari perusahaan besar, toko Etsy kecil, atau saluran YouTube Anda akan membutuhkan seorang akuntan saat musim pajak tiba. Kebanyakan orang tidak ingin melakukan pajak mereka sendiri.

Sebaliknya, mereka lebih cenderung mencari profesional yang dapat menawarkan bantuan dengan persiapan pajak, akuntansi, perencanaan keuangan, dan pembukuan.

Freelance Online

Perusahaan mungkin melakukan perampingan dan memberhentikan karyawan tetapi permintaan akan tenaga kerja tetap ada.

Daripada staf penuh waktu, perusahaan sering mempekerjakan pekerja lepas berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan desain dan pemasaran mereka dari jarak jauh.

Selama Anda memiliki laptop dan keahlian yang tepat, Anda dapat menawarkan layanan freelance dari mana saja di dunia.

Selesai dengan benar, Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk membayar tagihan dan tetap bekerja.

Dengan bekerja dari satu pertunjukan ke pertunjukan berikutnya, Anda juga akan mempelajari keterampilan baru dan memperluas jaringan Anda juga.

Bisnis Kecantikan

Orang mungkin mencoba mengurangi pengeluaran, tetapi mereka masih cenderung berinvestasi dalam produk kecantikan dan perawatan diri.

Menurut efek lipstik, orang cenderung menghabiskan uang untuk kesenangan kecil seperti salon rambut dan kuku untuk mengimbangi pengorbanan yang lebih besar yang mereka buat.

Mereka yang memiliki anggaran sangat ketat mungkin dapat membenarkan pengeluaran mereka untuk perawatan kulit, rias wajah, dan produk tubuh karena ini adalah kemewahan yang terjangkau. Jadi ini mungkin waktu yang ideal untuk meluncurkan butik online atau membuat vlog makeup di YouTube untuk penghasilan tambahan.

Bisnis Makanan dan Minuman

Orang-orang memiliki cara mereka sendiri untuk mengatasi resesi. Menariknya, makanan dan minuman yang nyaman adalah kunci untuk tetap optimis dan termotivasi bagi sebagian orang.

Itulah mengapa industri makanan dan minuman tetap tangguh meskipun ada pandemi di tahun 2020.

Diakui, orang menjauh dari kafe dan restoran tetapi konsumsi di rumah terus melonjak.

Berkat layanan pengiriman makanan seperti UberEats, Grubhub, atau DoorDash, pembuat roti rumahan dapat dengan mudah menjual permen secara online dan mengantarkannya ke depan pintu orang-orang.

Mereka yang tidak memiliki tenaga untuk memenuhi banyak pesanan dapat mempromosikan ramuan lezat mereka di antara tetangga, teman, dan keluarga untuk mendapatkan uang tambahan. Anda bahkan dapat memulai bisnis mesin penjual otomatis untuk memuaskan hasrat orang-orang saat mereka sedang dalam perjalanan.

Jadi setelah mengetahui beberapa ide bisnis di masa resesi, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!