Capai Target Rasio Kewirausahaan 3,95 Persen pada 2024, KemenkopUKM Perluas Akses Pembiayaan Alternatif: Ada KUR, P2P Lending, hingga Modal Ventura
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) Siti Azizah mengatakan pihaknya tengah berusaha meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia menjadi 3,95 persen pada tahun 2024.

Siti Azizah menyebut saat ini rasio kewirausahaan Indonesia berada di level 3,47 persen. Karena itu pihaknya pun menggalakkan berbagai upaya agar target tersebut tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“KemenkopUKM saat ini memiliki tugas yang cukup challenging atau cukup menantang untuk meningkatkan rasio kewirausahaan Indonesia menjadi 3,95 persen pada tahun 2024 nanti,” jelasnya dalam kegiatan Arqam Accelerator Fashion Beauty Care Demo Day 2022 di Jakarta, Senin.

Lebih lanjut ia menjelaskan target tersebut tak serta merta diberikan begitu saja sebab wirausaha ini merupakan menjadi motor penggerak ekonomi nasional.

Pihaknya juga berpesan agar para wirausahawan tidak mundur dan terus maju untuk meningkatkan usaha mereka. Disamping itu, pihaknya juga akan terus membantu para pengusaha atau pelaku UMKM untuk memperluas akses terhadap pembiayaan alternatif.

“Kalau memang belum bisa dapat KUR ada peer to peer lending. Kalau belum dapat peer to peer lending ada venture capital. Jadi berbagai macam pembiayaan alternatif kami kolaborasikan untuk membantu para pelaku UMKM,” tegasnya.

Dalam prosesnya KemenkopUKM turut mengemban tugas menciptakan calon wirausaha untuk jadi pengusaha, salah satu kegiatannya adalah kunjungan ke universitas, dengan tujuan mengajak mahasiswa jadi wirausaha.

“Itu cikal bakal awal sekali,” ujar Siti Azizah.