Bantu UMKM Tembus Pasar Global, Pemerintah Gelar Kontes Ikan Hias Internasional
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana menggelar kontes ikan hias air tawar skala internasional bertajuk Kalikan Expo 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran pada 14-16 Oktober 2022.

Asisten Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Komunikasi Publik Doni Ismanto mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mendorong lebih banyak lagi produk ikan hias air tawar yang dihasilkan para pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) di Indonesia untuk bisa menembus pasar global.

“Ikan hias air tawar merupakan primadona di pasar internasional. Berdasarkan data, perdagangan ikan hias di pasar internasional 79 persennya adalah jenis ikan hias air tawar,” ujarnya seperti yang dilansir laman resmi pada Senin, 10 Oktober.

Menurut Doni, perputaran uang yang ada dalam segmen ikan hias air tawar tergolong sangat tinggi. Ini yang kemudian menjadi perhatian pemerintah untuk memberdayakan potensi pelaku UMKM lokal agar bisa berkontribusi lebih maksimal.

“Kami akan membantu pelaku ikan hias air tawar yang umumnya kebanyakan UMKM untuk bisa meningkatkan daya saing produk dan membuka akses pasar untuk teman-teman UMKM go global," tuturnya.

Sebagai informasi, nilai permintaan ikan hias dunia pada 2017 adalah sebesar 315,1 juta dolar AS. Angka itu kemudian naik jadi 366,6 juta dolar AS pada sepanjang 2021.

Indonesia sendiri saat ini menempati posisi lima eksportir ikan hias dunia dengan nilai ekspor 34,5 juta dolar AS di tahun lalu dengan sumbangan terbesar berasal dari ikan hias air tawar.

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) Kalikan Ardani Yusuf Prawira menyatakan kegiatan ini juga menghadirkan pameran serta dialog tentang pemberdayaan UMKM.

“Kami fokus untuk memberikan pemahaman atas peningkatan kualitas dan daya saing, hingga regulasi. Jadi ini banyak sekali keuntungan yang didapat temen-temen UMKM, baik dari sisi manajemen bisnis, tentang ikannya, tentang pakan dan sebagainya," kata dia.

Untuk diketahui, Kalikan merupakan brand digital marketplace yang dikembangkan untuk menumbuhkan ekosistem UMKM ikan hias air tawar, serta pengembangan dan pemberdayaan kewirausahaan di pasar nasional dan internasional.