Pesan Menyentuh Sri Mulyani ke Mahasiswa LPDP: Setiap Rupiah Adalah Mimpi dan Harapan yang Dititipkan
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta kepada 32.826 orang awardee penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) angkatan 193-194 agar kembali ke Indonesia untuk berkontribusi membangun dan memajukan Indonesia.

“Indonesia pasti membutuhkan anda, tidak hanya untuk kembali tapi anda kembali untuk bisa membaktikan dan memberi lebih banyak bagi Indonesia,” ujarnya dalam sebuah seremoni bertajuk Refleksi Merah Putih, dikutip Rabu, 5 Oktober.

Menurut Menkeu, sebanyak 32.826 orang penerima beasiswa LPDP tersebut berasal dari 34 provinsi dengan 67 persen diantaranya akan mengemban pendidikan di dalam negeri, sedangkan 32 persen lainnya di luar negeri.

“Saya sangat berharap bagi anda semuanya menghargai setiap rupiah atau setiap dolar atau setiap euro yang kalian terima dari LPDP. Itu tidak sekedar beasiswa tanpa adanya ikatan batin atau ikatan nasionalisme,” tuturnya.

Disebutkan bahwa area yang di tekuni atau menjadi tujuan dari para awardee yang terpilih ini sangat beragam, namun diklaim merupakan yang sangat dibutuhkan oleh Indonesia untuk bisa menjadi negara maju.

“Tentu seharusnya kita memiliki sistem untuk memberikan awards secara kompetitif, adil, transparan, bagi mereka yang berprestasi atau membuktikan bisa menyumbangkan lebih banyak bagi negara,” tegas dia.

Menkeu menambahkan, untuk menjadikan Indonesia sebuah negara maju, rakyat Indonesia terutama generasi muda harus memiliki mental seorang pemenang dengan berkarakter kuat dan selalu mengupayakan solusi terbaik, serta pantang menyerah, namun tidak sombong.

“Kalian semuanya termasuk elit yang mendapatkan kesempatan belajar pada level yang tertinggi. Harus bisa memahami dan ikut bangga tapi tidak jemawa,” ucapnya.

Bendahra negara mengingatkan saat ini di dunia sedang menghadapi banyak tantangan, mulai dari pandemi COVID-19, ketegangan geopolitik, ancaman krisis pangan, energi, keuangan, hingga perubahan iklim atau climate change.

“Setiap generasi pasti ada tantangannya ada cobaannya. Untuk itu anda adalah bagian dari kelompok yang nanti akan diminta oleh bangsa Indonesia menjadi solusi,” kata dia.

Oleh karenanya, Menkeu berharap agar para awardee dapat memanfaatkan beasiswa LPDP semaksimal mungkin dalam menimba ilmu dan mengukir prestasi baik di dalam negeri maupun di kancah internasional.

“Saya berharap bagi anda semua di angkatan 193 dan 194 menjadi generasi yang bisa memberikan prestasi terbaik dan menonjol bagi Indonesia. Setiap rupiah yang kita investasikan pada kalian ada adalah harapan dan mimpi Indonesia yang dititipkan. Itu adalah aset yang sangat berharga. Negara hadir untuk anda, maka anda akan selalu hadir setiap negara membutuhkan,” tutup Menkeu Sri Mulyani.